Mengelola Biaya Armada dengan Cerdas, Hankook Sediakan Skema CPK untuk Pelaku Usaha

Mengelola Biaya Armada dengan Cerdas, Hankook Sediakan Skema CPK untuk Pelaku Usaha

Ilustrasi cara menghemat biaya armada truk. -DOK.HANKOOK-

JURNALISID.COM --- Salah satu alokasi biaya operasional yang besar dalam perusahaan ialah operasional kendaraan. Biaya itu meliputi pengadaan, penggunaan, serta pemeliharaan, yang jika tidak melalui perencanaan yang cerdas, mengakibatkan pembengkakan beban operasional.

Untuk menjawab permasalahan itu, produsen ban global Hankook Tire menyediakan kontrak Cost Per-Kilometer (CPK), yakni kontrak penyewaan ban sesuai jumlah kilometer jarak tempuh kendaraan. 

Dengan skema ini, pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan modal besar sekaligus untuk pengadaan ban sebagai komponen pendukung kendaraan operasional, karena ada proyeksi pengeluaran yang lebih terukur.

President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia, Yoonsoo Shin, menjelaskan, Hankook sangat memahami tantangan yang dihadapi oleh pelaku bisnis armada truk dan bus, terutama dalam hal pengelolaan biaya operasional. 

"Untuk itu, kami selalu berkomitmen menghadirkan solusi yang inovatif dan efisien, salah satunya seperti kontrak CPK ini. Solusi ini memungkinkan perusahaan untuk lebih fokus pada peningkatan produktivitas, tanpa harus khawatir tentang biaya tak terduga terkait pengadaan dan perawatan ban," paparnya.

Ahmad Juweni, National Sales Manager TBR PT Hankook Tire Sales Indonesia, menjelaskan, kontrak CPK memberikan banyak manfaat, terutama bagi perusahaan yang mengelola armada truk maupun bus. 

BACA JUGA: Bikin Mobil Cepat Rusak, Hankook Ungkap 4 Kesalahan Perawatan yang Masih Sering Dilakukan

"Skema ini memberikan kepastian biaya melalui struktur yang lebih jelas dan terukur sehingga membantu perusahaan dalam merencanakan anggaran jangka panjang, sekaligus meminimalkan risiko biaya tambahan yang tidak terduga. Dengan begitu, pelaku usaha dapat lebih fokus pada pertumbuhan bisnis inti mereka, sementara kebutuhan perawatan ban ditangani secara profesional oleh Hankook," jelasnya.

Selain itu, kontrak CPK juga mencakup layanan perawatan ban seperti inspeksi rutin, pengecekan tekanan, serta penyetelan keseimbangan ban. 

Hal ini memastikan ban selalu dalam kondisi optimal, yang dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi keausan, dan meningkatkan performa kendaraan secara keseluruhan. 

Dengan perawatan rutin, risiko kecelakaan akibat ban, seperti ledakan atau kerusakan tapak dapat diminimalisir, sehingga keamanan operasional armada lebih terjamin.

BACA JUGA: Hankook Luncurkan Smart City AU06, Ban Khusus untuk Armada Bus Listrik TransJakarta

PT Balina Agung Perkasa, salah satu distributor air mineral kemasan terbesar di area Jabodetabek, telah menjadi pelanggan kontrak CPK yang ditawarkan oleh Hankook Tire Indonesia sejak 2022. 

Menurut Use Naldy, Fleet Manager PT Balina Agung Perkasa, perusahaan yang mengoperasikan lebih dari 1.000 unit kendaraan ini menghadapi tantangan utama dalam meminimalkan biaya. 

Sumber: pt hankook tire sales indonesia