Bikin Mobil Cepat Rusak, Hankook Ungkap 4 Kesalahan Perawatan yang Masih Sering Dilakukan

Bikin Mobil Cepat Rusak, Hankook Ungkap 4 Kesalahan Perawatan yang Masih Sering Dilakukan

Ilustrasi perawatan ban mobil.-DOK.HANKOOK-

JURNALISID.COM ---  Sebagai pemilik kendaraan, merawat mobil dengan benar merupakan langkah penting untuk memastikan performa kendaraan tetap optimal serta meningkatkan kenyamanan berkendara. 

Namun, banyak pemilik mobil yang tidak menyadari ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan dalam merawat kendaraan mereka. 

Padahal, dengan perawatan yang tepat, pengendara dapat menghemat biaya operasional, seperti penggantian spare part, BBM, dan biaya servis rutin.

Hankook Tire, produsen ban global terkemuka asal Korea Selatan, mengidentifikasi beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan dalam perawatan mobil.

BACA JUGA: Hankook Luncurkan Smart City AU06, Ban Khusus untuk Armada Bus Listrik TransJakarta

- Memanaskan mobil terlalu lama 

Banyak pemilik mobil beranggapan bahwa memanaskan mesin dalam waktu lama akan meningkatkan performa kendaraan. Padahal, kebiasaan ini justru memboroskan bahan bakar. 

Untuk mobil konvensional, durasi ideal pemanasan hanya sekitar 2-5 menit, sedangkan untuk mobil berteknologi injeksi, cukup 30 detik hingga 1 menit.

National Sales Manager Passenger Car Radial (PCR) PT Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono, menjelaskan, proses pemanasan mobil cukup sampai mesin mencapai kondisi idle, di mana putaran mesin menjadi stabil. 

"Memanaskan mobil terlalu lama tidak hanya boros bahan bakar, tetapi juga mempercepat keausan komponen mesin seperti piston dan dinding silinder akibat mesin bekerja tanpa beban yang memadai," ujar Apriyanto dalam keterangannya, Kamis (10/10).

- Mencuci mobil menggunakan deterjen

Meski terlihat efektif, deterjen ini mengandung bahan kimia yang bisa merusak lapisan cat mobil, menyebabkan warna cepat pudar dan mengikis lapisan pelindung seperti wax. 

Deterjen yang terlalu kuat juga bisa menyebabkan korosi pada bagian logam seperti chrome atau trim. Untuk menjaga tampilan mobil dan melindungi cat, sebaiknya gunakan sabun khusus cuci mobil yang diformulasikan aman bagi cat dan memberikan perlindungan ekstra.

BACA JUGA: Hankook Tire Raih Level Tertinggi Akreditasi Lingkungan FIA

Sumber: pt hankook tire sales indonesia