Michelin Beri Tips 5 Hal yang Perlu Diperhatikan agar Aman Berkendara

Michelin Beri Tips 5 Hal yang Perlu Diperhatikan agar Aman Berkendara

Michelin Indonesia memberikan edukasi keselamatan berkendara bagi siswa SD.-DOK.MICHELIN-

JurnalisID - Tahukah kamu, kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab kematian tertinggi ke-8 di Indonesia. Dan sebanyak 77 % kecelakaan yang terjadi di jalan raya melibatkan sepeda motor.

Berdasarkan data Pusiknas Bareskrim Polri 2023 dan peneliti dari Center for Parliamentary Analysis, Expertise Agency of DPR RI, Sulis Winurini, 14 % pengemudi yang mengalami kecelakaan adalah pengemudi di bawah umur 17 tahun. Sebanyak 23 % penumpang yang mengalami kecelakaan berusia kurang dari 17 tahun.

Mayoritas korban kecelakaan lalu lintas berusia 15-19 tahun (SMP-SMA) dan mayoritas kecelakaan lalu lintas terjadi pada pukul 6.00-9.00 (di jam keberangkatan sekolah).

Melihat tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak-anak di bawah umur, One Michelin Indonesia (sinergi dari PT Michelin Indonesia, PT Multisrada Arah Sarana, PT Royal Lestari Utama, dan PT Synthetic Rubber Indonesia) meluncurkan kampanye untuk menyosialisasikan keselamatan berkendara sedari dini. 

Kampanye yang bertajuk 'Michelin School Outreach' ini dilaksanakan di tiga sekolah, yakni SDN Kosambironyok Cilegon  pada 12 Sept 2024, SDN 02 dan SDN 03 Karangsari Cikarang (17 Sept 2024) dengan lebih dari 200 siswa yang berpartisipasi.

Beberapa bulan sebelumnya, Michelin juga mengadakan kelas safety riding khusus bagi para perempuan pengendara, khususnya para ibu dan siswi SMA. 

Melalui rangkaian kegiatan ini, Michelin hendak menekankan bahwa pengetahuan terkait cara berkendara yang baik dan aman harus ditanamkan sedari dini, sehingga baik penumpang maupun pengemudi kendaraan bisa meminimalisir risiko insiden di jalan.

"Kami percaya bahwa orang tua merupakan pendidik pertama bagi anak-anak, sehingga kami berharap edukasi mengenai keselamatan berkendara dapat diterapkan dari lingkungan terkecil, yakni keluarga, dan menjadi kebiasaan turun-temurun sehingga jalan di Indonesia semakin aman bagi semua," kata Stephane Roy-de-Lachaise, Country Director Michelin Indonesia, dalam keterangannya, Jumat (27/9).

Dalam sesi kelas aman berkendara, Michelin memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga keselamatan saat berkendara, hal-hal kecil yang risikonya bisa fatal jika tidak dipatuhi oleh pengendara, seperti keharusan memakai helm saat mengendarai motor atau memakai sabuk pengaman saat berkendara di mobil.

Baca juga: Wah Michelin Rilis Prototipe Ban untuk Menjelajah Bulan!

Berikut 5 hal yang perlu diperhatikan di jalan raya:

1. Hindari penggunaan gawai atau earphone

Penggunaan HP di jalan bisa meningkatkan risiko kecelakaan hingga 2-8 kali lipat.

2. Patuhi peraturan lalu lintas

Sumber: pt michelin indonesia