Michelin Beri Tips 5 Hal yang Perlu Diperhatikan agar Aman Berkendara

Michelin Beri Tips 5 Hal yang Perlu Diperhatikan agar Aman Berkendara

Michelin Indonesia memberikan edukasi keselamatan berkendara bagi siswa SD.-DOK.MICHELIN-

Tiga penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas yakni menerobos lampu merah, mengendarai kendaraan dengan lawan arus (contra flow), dan melanggar rambu-rambu lalu lintas.

3. Gunakan gear yang lengkap

Penggunaan gear dan perlindungan yang lengkap, seperti helm berstandar SNI, sabuk pengaman, sepatu, dan sebagainya bisa meminimalisasi risiko terluka ketika terjadi insiden di jalan raya.

4. Hindari berkendara di medan atau cuaca ekstrem

Cuaca ekstrem kini semakin sering melanda Indonesia. Untuk itu, penting untuk memilih medan yang aman ataupun menunda berkendara hingga cuaca ekstrem berlalu.

5. Melakukan perawatan kendaraan secara berkala

Menurut Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), sebanyak 80% faktor kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh pecah ban. Hal ini terjadi karena masalah kekurangan tekanan ban.

"Dalam hal ban, kami menganjurkan pengendara untuk melakukan pengecekan secara berkala. Sebisa mungkin menjaga tekanan ban sesuai rekomendasi pabrikan kendaraan untuk menjaga performa ban, sehingga selalu aman bagi pengendara, penumpang, dan pengguna jalan yang lain," kata Fachrul Rozi, Product Marketing Manager dari PT Michelin Indonesia.

Selain pelatihan tentang keamanan berkendara, di saat yang sama, Michelin juga memberikan pelatihan tentang pengelolaan limbah makanan dengan cara pembuatan kompos, dan ditutup dengan penanaman pohon untuk siswa kelas 4 sampai kelas 6 SD. 

Kedua kegiatan ini merupakan wujud komitmen Michelin dalam menjalankan pendekatan yang memprioritaskan keseimbangan ketiga pilar, yaitu pembangunan SDM, pelestarian lingkungan, dan pengembangan bisnis perusahaan.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan CSR edukatif Michelin di SDN 02 dan 03 Karangsari. Semoga materi yang diberikan dapat menambah wawasan yang baik dan bermanfaat bagi para siswa, baik itu tentang keamanan maupun pelestarian lingkungan. Kami berharap ke depannya terus dapat ditingkatkan untuk kebaikan komunitas desa karangsari Cikarang," kata Bao Umbara, Lurah Karangsari. (Atn)

 

Sumber: pt michelin indonesia