Bali International Airshow Tunjukkan Perkembangan Industri Dirgantara kepada Masyarakat Indonesia

Bali International Airshow Tunjukkan Perkembangan Industri Dirgantara kepada Masyarakat Indonesia

Temu pers jelang penyelenggaraan Bali International Airshow 2024.-Foto: JurnalisID-

JurnalisID - Bali International Airshow 2024 diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), serta Angkatan Udara Indonesia (TNI AU), yang didukung oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), AirNav Indonesia, Otoritas Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, dan Angkasa Pura Airports. 

Bali International Airshow 2024 menunjukkan komitmen Indonesia untuk menjadi pemimpin di sektor kedirgantaraan. Rangkaian kegiatan akan dimulai dengan perhelatan Bali Regional Air and Space Power Forum dan Asia Pacific Air Transport Forum yang akan digelar pada 17 September 2024 di Bali Nusa Dua Convention Center. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pameran Bali International Airshow 2024.

"Forum ini akan menyatukan para pemangku kepentingan global untuk mengeksplorasi solusi inovatif untuk mendorong masa depan yang lebih ramah lingkungan untuk penerbangan. Selain itu, Bali International Airshow 2024 memperkuat pentingnya acara ini dengan secara aktif mendorong para pemangku kepentingan untuk meningkatkan dedikasi mereka terhadap inisiatif Environmental, Social, and Governance (ESG), yang merupakan salah satu yang pertama dalam jenisnya," ujar Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam temu pers jelang penyelenggaraan di Jakarta, Senin (19/8).

Sebagai bagian dari pendekatan inovatifnya, Bali Airshow secara aktif mendorong para pemangku kepentingan di industri penerbangan untuk meningkatkan komitmen ESG di wilayah-wilayah yang sedang berkembang. Bali Airshow 2024 telah meresmikan kemitraan dengan Yayasan Care Peduli (Care Indonesia) dan menetapkan komitmen signifikan dalam menangani isu-isu lingkungan, kesehatan dan sosial di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pameran Bali International Airshow 2024 akan menempati total area seluas 78.000 meter persegi, terdiri dari 70.000 meter persegi area pameran pesawat statis dan 8.000 meter persegi untuk aula pameran. Menargetkan sebanyak 6.000 trade visitors dari 100 perusahaan serta lebih dari 100 delegasi dari 35 negara dan wilayah akan menghadiri pameran ini.

Pada area pameran pesawat statis, pengunjung akan melihat puluhan pesawat dengan teknologi terbaru, termasuk di antaranya jajaran pesawat F16 Fighting Falcon, Sukhoi SU27, C130J Super Hercules, CASA C212, EC275 dan Embraer EMB314 Super Tucano.

Kehadiran dua buah pesawat tempur generasi 5 F-35A Lighting II milik Angkatan Udara Australia dan pesawat angkut Airbus A400M Angkatan Udara Jerman melengkapi armada yang hadir pada Bali Airshow 2024. Hal ini membuktikan kolaborasi yang kuat antara Indonesia dengan berbagai negara mitra.

Selain itu, para pengunjung juga akan disuguhkan flying display (pertunjukan udara) yang akan tampil setiap hari sepanjang penyelenggaraan pameran. Tim Aerobatik milik TNI AU yang menjadi kebanggaan masyarakat Republik Indonesia yaitu Jupiter Aerobatic Team (JAT) dipastikan menjadi salah satu tim yang akan menampilkan pertunjukan terbaiknya pada Bali International Airshow 2024 kali ini. 

Chief Executive Office PT Inaro Tujuh Belas selaku penyelenggara pameran Bali International Airshow 2024, Andy Wismarsyah, mengatakan, flying display akan menjadi salah satu  highlight utama pada penyelenggaraan Bali International Airshow 2024. 

"Kami sangat bangga dan antusias menjadi bagian penyelenggaraan Bali Airshow yang akan dihadiri ratusan peserta dengan puluhan pesawat dengan teknologi terbaru dan tentunya berbagai program pendukung yang akan menambah wawasan tentang sektor kedirgantaraan, serta yang juga tidak boleh dilewatkan adalah program flying display dimana para tim penerbang melakukan berbagai atraksi pertunjukan udara yang akan memukau para pengunjung yang hadir di Bali International Airshow kali ini," ungkap Andy. Menurutnya, selain untuk para trade visitors, Bali International Airshow 2024 juga akan membuka area pamerannya untuk masyarakat umum pada hari terakhir, Sabtu, 21 September 2024.

Publik dapat membeli tiket masuk airshow dan shuttle bus melalui laman Loket.com mulai 18 Juli hingga 21 September 2024. Harga tiket airshow dibanderol Rp150.000, sedangkan tiket shuttle bus pulang-pergi tersedia dengan harga Rp100.000. Selama periode penjualan, terdapat penawaran khusus Buy 5 Get 1 Free untuk pembelian grup. Semua harga belum termasuk pajak.

Trade visitors dan pengunjung dapat mencari informasi lebih lanjut tentang penyelenggaraan pameran dan pembelian tiket pada situs web Bali Airshow (www.baliairshow.com) untuk mendapatkan informasi terkini terkait jadwal pertunjukan udara dan fasilitas lain yang dapat digunakan oleh pengunjung Bali Airshow. (Bon)

 

Sumber: