Semarak FPR Adira Finance 2024, Dukung Keberlanjutan Pasar Pahing Kediri

Semarak FPR Adira Finance 2024, Dukung Keberlanjutan Pasar Pahing Kediri

Festival Pasar Rakyat yang digelar Adira Finance di Kota Kediri, Jawa Timur.-DOK.ADIRA-

JURNALISID.COM --- Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 Adira Finance mendulang sukses di Pasar Rangkasbitung. Selanjutnya kesuksesan kembali hadir di pasar kedua, yakni Pasar Pahing, Kota Kediri, Jawa Timur. Sebuah pasar tradisional semimodern di Jalan HOS Cokroaminoto, Kelurahan Singonegaran, Kediri.

Pasar ini dipilih menjadi lokasi kedua dari FPR pada 5-6 Oktober 2024, karena merupakan pasar legendaris tertua di Kota Kediri. Bagi masyarakat sekitar, pasar ini merupakan nadi perekonomian, sekaligus bagian penting dari kehidupan sehari-hari. 

Setelah mengalami renovasi besar pada 2008, pasar ini berkembang dengan lebih dari 1.300 pedagang yang menawarkan berbagai macam produk. Mulai dari sembako, hasil laut, tekstil, hingga perlengkapan rumah tangga. 

Adapun yang menjadi ciri khas Pasar Pahing adalah kehadiran kios mebel dan layanan penjahit vermak yang turut menambah daya tarik para pengunjung. Lebih dari sekadar tempat transaksi ekonomi, pasar ini telah bertransformasi menjadi ruang berkumpulnya kebudayaan lokal dan kuliner khas yang kaya akan sejarah.

BACA JUGA: Adira Finance Bareng Mitra Strategis Gelar Festival Pasar Rakyat 2024

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) bersama PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), sebagai induk perusahaan, bekerja sama dengan Unit Usaha Syariah dan bermitra dengan PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) menyelenggarakan FPR 2024

Sebuah rangkaian kegiatan pemberdayaan, edukasi, kesehatan, kesenian, dan budaya untuk mendorong pasar menjadi ruang publik yang kreatif. Menuju Pasar Rakyat yang halal dan Sejahtera (Sehat-Hijau-Bersih-Terawat), melalui gerakan #SahabatPasarRakyat. 

Inisiatif untuk mengajak masyarakat kembali ke pasar rakyat, menjadikannya sebagai pusat kegiatan sosial dan ekonomi yang lebih berdaya saing.

"Kami dukung penuh strategi pemerintah daerah, untuk memperkuat Pasar Pahing Kediri melalui penyelenggaraan FPR 2024. Inisiatif ini sejalan visi perusahaan yaitu menciptakan nilai bersama, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui berbagai program, yang mendukung pemberdayaan pedagang dan revitalisasi pasar. Kami yakin pasar rakyat akan tetap menjadi bagian penting, dalam pembangunan ekonomi lokal sekaligus pelestarian budaya," ujar Head of Regional SSD Jawa Timur Adira Finance, Agus Hartanto.

Syariah Funding Business Head, Unit Usaha Syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon Syariah), Merci Santi Adriani, mengatakan, Danamon melalui Unit Usaha Syariah mendukung penuh program Festival Pasar Rakyat (FPR) yang diadakan Adira Finance, sebagai bagian dari anggota Grup Danamon. 

"Pada FPR ini, Danamon Syariah mengambil peran untuk memberikan edukasi dan literasi terkait Haji kepada para pedagang di pasar. Tidak hanya edukasi, kami juga perkenalkan beberapa produk tabungan, bagi para pedagang yang ingin mempersiapkan Haji, dengan Tabungan Rencana Haji iB. Bertujuan mempermudah para pedagang pasar, agar dapat melakukan perencanaan keuangan, untuk dapat mewujudkan impian dan kewajiban beribadah ke Tanah Suci. Serta Tabungan Wadiah yang dapat membantu mempermudah transaksi sehari-hari," jelasnya.

Zurich Syariah juga turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan FPR 2024. Direktur Sales and Distribution PT Zurich General Takaful Indonesia Auralusia Rimadiana mengungkapkan, Zurich Syariah menyambut kolaborasi ini, untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat. Serta meningkatkan inklusi dan literasi asuransi di Indonesia, yang menargetkan pedagang serta masyarakat di sekitar pasar tradisional.

Mendorong partisipasi dari berbagai lapisan masyarakat. Termasuk pengunjung, pedagang, dan ekosistem Pasar Pahing, FPR menyajikan serangkaian kegiatan unggulan. 

BACA JUGA: Alhamdulillah…, Ratusan Sahabat Adira Finance Menang Program Umrah!

Sumber: adira finance