Ini Manfaat Drone untuk Pertambangan

Ini Manfaat Drone untuk Pertambangan

talkshow Talkshow Enhancing Mining Efficiency and Safety with Drone Technology. Dok.JurnalisID--

JurnalisID - Indonesia Energy & Engineering Series 2024 - Engineering Week memasuki hari keempat, 14 September 2024, sebagai platform pertemuan sektor industri engineering terbesar se-Asia Tenggara, sekaligus sarana berbagi perkembangan teknologi di antara para pelaku industri pertambangan, konstruksi dan pengecoran beton, minyak dan gas, pengecoran logam dan metalurgi, serta mitigasi kebencanaan dan perlindungan sipil.

Menarik, di hari penutupan IEE Series 2024 ada kegiatan workshop bertema Drone Talkshow Hosted by ASTTA (Asosiasi Sistem and Teknologi Tanpa Awak “Enhancing Mining Efficiency and Safety with Drone Technology”.

CMO Terra Drone Indonesia, Gilang Wirata Pratama Hadi mnyebutkan, bahwa pemanfaatan drone di area pertambangan yang paling umum sering dilakukan di operasi tambang salah satunya untuk menghitung volume ataupun pengukuran kontur. Metode pengambilan datanya dengan  menggunakan fotogrametri ataupun teknologi lidar. 

Menurut Gilang, pemanfaatan drone juga bertujuan untuk mengkalkulasi seberapa banyak kandungan atau sumber daya yang ada di area tersebut, perencanaan eksplorasi suatu area hingga rencana pembangunan infrastruktur untuk menunjang kegiatan operasi pertambangan.

"Penggunaan teknologi drone pada operasi tambang digunakan untuk kegiatan monitoring alat berat yang ada di lokasi pertambangan secara berkala. Penggunaan drone di area pertambangan  ialah pemetaan topografi untuk kebutuhan eksplorasi. Hal tersebut mudah dilakukan menggunakan drone karena hasil gambar atau video dapat menjangkau area yang luas dalam sekali terbang, dan dalam sehari drone dapat melakukan beberapa kali penerbangan", kata Gilang dalam paparannya di acara talkshow Enhancing Mining Efficiency and Safety with Drone Technology, IEE Series 2024, di JIExpo, Kemayoran Jakarta, Sabtu (14/9/2024).

Lebih lanjut dijelaskan jika teknologi drone tidak hanya dapat membawa kamera, namun berbagai sensor. Salah satu sensor yang dapat dibawa untuk dimanfaatkan di area pertambangan ialah sensor Magnetic, tujuannya untuk mencari anomali yang berada di suatu area tertentu sehingga memudahkan tim untuk mengidentifikasi atau menganalisa area tersebut, contohnya potensi kandungan mineral atau logam yang ada di bawah tanah. Kelebihan yang didapatkan ialah perusahaan tambang dapat meningkatkan produktivitas mereka dari data- data yang diambil drone dibandingkan dengan survey melalui darat.

Sumber: