Catat Pertumbuhan Impresif, Chery Group Lampaui 1,5 Juta Penjualan Hingga Agustus 2024

Catat Pertumbuhan Impresif, Chery Group Lampaui 1,5 Juta Penjualan Hingga Agustus 2024

Penjualan Chery Group meningkat. Dok. CSI--

JurnalisID - Pada bulan Agustus 2024, Chery Group mengumumkan pencapaian penjualan yang luar biasa dengan total 211.879 kendaraan, dengan peningkatan 23,7% dari tahun sebelumnya. Total pencapaian tersebut dapat terlihat beberapa hal yang signifikan, yaitu penjualan kendaraan energi baru atau New Energy Vehicle (NEV) dan ekspor. Untuk penjualan kendaraan energi baru terjual sebanyak 46.526 unit, mencatat pertumbuhan yang signifikan sebesar 158,5%. Sementara itu, ekspor mencapai 97.866 unit, atau naik 12,7%.

Secara kumulatif, dari Januari hingga Agustus 2024, Chery Group telah menjual 1.508.259 unit, dengan peningkatan 41,9% year-on-year (YoY). Chery sendiri berkontribusi sebanyak 131.734 unit pada Agustus dan 961.624 unit dari Januari hingga Agustus, memberikan catatan pertumbuhan sebesar 34,8% YoY. Pencapaian ini didorong oleh kemampuan teknologi dan inovasi dalam pengembangan berbagai jenis produk.

"Kami sangat bangga dengan pencapaian Chery Group yang luar biasa pada bulan Agustus. Pertumbuhan yang sangat luar biasa di pasar domestik dan global menunjukkan kekuatan Chery akan kualitas produk dan layanan yang diakui secara internasional. Di Indonesia, Pencapaian Chery Group menjadi motivasi kami untuk terus berkontribusi terhadap penjualan global," ujar Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT Chery Sales Indonesia, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (5/9/2024).

Pertumbuhan Seimbang di Pasar Domestik dan Global

Pertumbuhan penjualan Chery yang seimbang ini terjadi di semua segmen, baik di pasar domestik maupun internasional. Penjualan Chery di luar China saat ini mencapai 720.305 unit dari Januari hingga Agustus, atau naik 25,2% YoY. Penjualan di pasar luar negeri termasuk untuk kendaraan berbahan bakar minyak yang mencapai 1.235.412 unit (naik 27,6% YoY) dan NEV yang mencapai 272.847 unit (tumbuh 187% YoY).

Pencapaian Kualitas dan Kompetisi Global Automotive Champions Selection

 Keberhasilan Chery didukung oleh kemampuan teknologi Chery yang memungkinkan fleksibilitas dalam pengembangan berbagai jenis produk, salah satunya dalam mengintegrasikan teknologi bahan bakar dan listrik untuk optimalisasi solusi mobilitas. Pengakuan global ini semakin kuat lagi dengan masuknya Chery Holding Group pada jajaran Fortune Global 500 tahun 2024 di peringkat 385.

Pada bulan September, Chery juga akan meluncurkan Global Automotive Champions Selection di seluruh pasar global. Para pemenang akan berkumpul di kantor pusat Chery pada bulan Oktober untuk mengikuti babak final dan berpartisipasi dalam Chery International User Summit 2024. Acara ini bertujuan untuk memberikan pengakuan dan penghargaan kepada KOC (Key Opinion Consumers) yang luar biasa di bidang otomotif, yang mencakup lima kategori seperti traffic, referral, group management, club activity, dan lifestyle field. Acara ini dirancang untuk memajukan keragaman budaya otomotif dan meningkatkan pengaruh Chery di pasar global.

Inovasi Teknologi dan Tanggung Jawab Sosial

Chery terus berfokus pada inovasi teknologi peningkatan kualitas, inovasi layanan, dan kemajuan ekologis untuk memberikan nilai tambah bagi pengguna. Saat ini, jajaran produk ekspor Chery mencakup seri TIGGO, Arrizo dan eQ yang hadir dengan berbagai pilihan tenaga seperti ICE, BEV dan PHEV. Produk-produk ini berlandaskan nilai-nilai utama Chery, yaitu “Green, Technology, Family, and Companionship”, yang berkomitmen pada upaya pelestarian lingkungan dan penurunan karbon. Inovasi juga diperluas untuk menjangkau bidang energi terbarukan, teknologi konektivitas pintar, solusi mobilitas bersama, pengembangan platform, dan ekosistem terkait.

Chery berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial di seluruh dunia, termasuk upaya pelestarian lingkungan, pengentasan kemiskinan, dan dukungan terhadap pendidikan. Salah satu contohnya yakni kontribusi Chery sebesar $6 juta untuk Program Tematik Pendidikan Global UNICEF.

Prestasi dan Pengakuan

Chery telah diakui lima kali sebagai salah satu dari "20 Perusahaan dengan Citra Terbaik di Luar Negeri" oleh SASAC dan CICG. Chery juga memimpin kategori otomotif dalam laporan Kantar BrandZ Top 50 Chinese Brand Builders 2024. Di antara merek domestik lain, TIGGO 8, TIGGO 7, dan TIGGO 4 mampu meraih posisi teratas pada segmennya masing-masing untuk IQS (Initial Quality Study) yang diadakan oleh J.D. Power 2023.            

Sejarah dan Pencapaian

Chery Group didirikan pada tahun 1997 dan telah menorehkan prestasi penting dalam industri otomotif. Anak perusahaannya, Chery Automobile, menjadi merek mobil China pertama yang melampaui satu juta penjualan domestik serta menjadi pelopor membuka peluang baru bagi industri otomotif China di tingkat global.

Pada 2023, Chery Group mencatat penjualan sebanyak 1.881.316 kendaraan, atau meningkat 52,6% YoY. Hingga Agustus 2024, Chery Group telah menjual 1.508.259 kendaraan, dengan pertumbuhan 41,9% YoY. Saat ini, Chery memiliki 14 juta pengguna global dan mempertahankan posisinya sebagai eksportir mobil penumpang top di China selama 21 tahun berturut-turut.

Chery berfokus pada inovasi independen dan telah membangun sistem inovasi produk yang kuat. Dengan delapan pusat R&D utama di berbagai wilayah, Chery terus berinovasi dan telah mengajukan lebih dari 26.000 paten serta memperoleh 16.245 paten hingga akhir 2023. Kehadiran bisnis Chery tersedia di lebih dari 80 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Sumber: