Pelaku UMKM Bisa Tingkatkan Penjualan melalui Fitur-Fitur di Shopee Lho

Pelaku UMKM Bisa Tingkatkan Penjualan melalui Fitur-Fitur di Shopee Lho

Shopee-Istimewa-

JurnalisID - Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta merek local kini bisa meningkatkan angka penjualan secara signifikan berkat fitur-fitur yang tersedia di platform perniagaan elektronik Shopee.

"Kami melihat peningkatan drastis terhadap penjualan setelah menggunakan fitur interaktif Shopee. Peran fitur Shopee Live sangat besar bagi keseluruhan pendapatan, di mana 40 persen total pendapatan di semester I 2024 berasal dari penjualan di Shopee Live," kata Founder and CEO Careso Joseph Sebastian dikutip dari Antara.

Careso menghasilkan produk wewangian tubuh seperti lotion, parfum EDP, sabun mandi, dan produk perawatan Careso Baby yang aman untuk kulit bayi.

Bergabung dengan Shopee sejak 2020, Careso telah menjadi penjual Shopee Mall yang mendapat kepercayaan konsumen karena produk-produk dijual dijamin 100% orisinal. Careso juga bisa melihat peluang dan merasakan manfaat signifikan dari fitur Shopee Live dan Shopee Video.

Joseph menambahkan, fitur interaktif Shopee ini memudahkan Careso membantu konsumen mengambil keputusan pembelian, mengingat produk wewangian tidak bisa ditunjukkan dengan warna ataupun tekstur seperti produk kecantikan lainnya.

Meski demikian, setiap produk Careso memiliki desain, warna, dan gambaran yang dirancang untuk memicu imaginasi dan memori konsumen.

Dengan cara ini, Careso dapat mendeskripsikan wangi dari 16 jenis wewangian dan memberikan rekomendasi secara langsung berdasarkan preferensi yang disampaikan konsumen di kolom komentar dalam Shopee Live.

Melalui Shopee Video, Careso juga sering memberikan tip dan info bagi konsumen untuk memudahkan mereka memilih produk yang sesuai termasuk tip memilih antara body mist dan EDP Careso sesuai dengan kebutuhan.

"Ini semua mengantarkan Careso hingga mendapatkan peningkatan penjualan 10 kali lipat saat kampanye angka kembar Shopee jika dibandingkan dengan hari biasa," kata Joseph.

General Manager Luxcrime Melisa Andriani juga menyampaikan bahwa Shopee turut membantu memperkenalkan merek produk kecantikan lokal kepada masyarakat luas. Dia mengatakan, penjualan produk kecantikan merek lokal tidak mudah sebelum kehadiran platform perniagaan melalui media elektronik dan lokapasar.

"Dalam empat tahun terakhir, Luxcrime tumbuh signifikan dengan lonjakan transaksi yang terus meningkat berkat kontribusi Shopee sebagai platform sumber pendapatan terbesar Luxcrime di antara platform lainnya," katanya.

Melisa menyampaikan, Luxcrime berhasil mentransformasi bisnis dengan menjangkau lebih banyak konsumen lewat Shopee.

Performa Luxcrime meningkat dan Luxcrime berhasil naik kelas setelah beberapa tahun bergabung dengan Shopee Mall, yang menghadirkan pengalaman belanja lebih premium dan jaminan mutu produk. Luxcrime juga memanfaatkan fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video sejak 2022.

Lewat Shopee Video, Luxcrime rutin membagikan konten-konten kecantikan kepada konsumen. "Semenjak aktif memanfaatkan fitur Shopee Live, sekitar 30 persen penjualan Luxcrime di Shopee berasal dari pengguna yang menikmati konten-konten interaktif di Shopee Live," kata dia.

Sumber: