IEE Series 2024 - Energy Week Ditutup, Buktikan Komitmen Program Keberlanjutan di Sektor Industri Energi

IEE Series 2024 - Energy Week Ditutup, Buktikan Komitmen Program Keberlanjutan di Sektor Industri Energi

Pameran IEE Series 2024 - Energy Week di JIExpo Kemayoran.-Foto: JurnalisID-

Melalui rangkaian Energy Week ini, Pamerindo Indonesia juga membuktikan komitmennya untuk mendukung generasi penerus industri energi dengan menunjukkan keterlibatan para akademisi dan mahasiswa selama 4 hari gelaran. Kedua pameran Electric and Power Indonesia dan Water Indonesia dihadiri secara langsung oleh perwakilan akademisi, dosen, peneliti dari berbagai universitas, serta melibatkan juga banyak mahasiswa dalam berbagai aktivitas. 

Selain berinteraksi langsung dengan para peserta pameran untuk menjadi ajang pembelajaran fokus studi teknik, mereka juga turut berpartisipasi program keberlanjutan yang digiatkan oleh Pamerindo Indonesia dan juga mempelajari perkembangan keberlanjutan industri.

Pada sesi Indonesia Sustainability Updates dengan tajuk 'Empowering Indonesia’s Renewable Energy Future: Developing a Skilled and Sustainable Workforce', Kepala Departemen Interdisiplin Keteknikan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Chairul Hudaya, mengungkapkan bahwa saat ini ada banyak jabatan-jabatan baru yang terkait green-job (pekerjaan terkait proyek ramah lingkungan), seperti waste management specialist atau sustainable manager. 

"Saat ini kampus diharapkan mampu membentuk mahasiswa lulusan yang tidak memiliki gap dengan industri yang membutuhkannya, terutama kaitannya melalui program interdisiplin energi dan juga pemberian pengalaman secara langsung dengan berpartisipasi, belajar, dan menyaksikan pameran seperti IEE Series ini. Pameran dengan tajuk keberlanjutan seperti ini bisa memberikan banyak pembelajaran bagi generasi muda young engineers, misal dengan sistem pengolahan limbah menjadi berkah, karena saat ini limbah juga sudah bisa menjadi sebuah komoditas," ucapnya. 

Menurutnya, pameran ini telah menciptakan berbagai peluang seperti pembelajaran inovasi teknologi, koordinasi interdisipliner, terciptanya kerja sama antara pelaku industri - pemerintah - swasta, serta membangun kolaborasi internasional.

Para calon young engineer dari berbagai universitas pun telah berpartisipasi aktif pada kegiatan keberlanjutan selama pameran IEE Series 2024 - Energy Week. Keterlibatan banyak mahasiswa juga terlihat melalui antusiasme mereka pada program Student Visit di bawah tajuk Connecting the Disconnected, yang bertujuan untuk menghubungkan akademisi, peneliti, dan pelajar dengan industri dan asosiasi terkait secara langsung. (Atn)

 

Sumber: