IEE Series 2024 - Energy Week Ditutup, Buktikan Komitmen Program Keberlanjutan di Sektor Industri Energi

IEE Series 2024 - Energy Week Ditutup, Buktikan Komitmen Program Keberlanjutan di Sektor Industri Energi

Pameran IEE Series 2024 - Energy Week di JIExpo Kemayoran.-Foto: JurnalisID-

JurnalisID - Indonesia Energy and Engineering (IEE) Series 2024 - Energy Week sukses diselenggarakan di JIExpo Kemayoran selama 28-31 Agustus 2024 dengan tema 'Advancing Industrial Sustainability: Smart Urban Development and Sustainable City'. 

Bertujuan untuk mendorong kemajuan industri energi dan pengolahan air yang lebih berkelanjutan, IEE Series 2024 - Energy Week telah menampilkan berbagai teknologi di bidang kelistrikan, energi surya, dan energi terbarukan yang terangkum dalam pameran Electric and Power Indonesia yang ke-22, serta teknologi terbaru konservasi air, manajemen siklus air, tenaga air, dan pengolahan air limbah yang terangkum dalam pameran Water Indonesia yang ke-3. 

Dihadiri 12.408 trade attendees, gelaran Energy Week melibatkan 650 perusahaan peserta pameran, yang terdiri dari 368 perusahaan nasional, dan 282 perusahaan internasional dari total 30 negara. Pameran ini sukses menyelenggarakan 4 panggung hybrid, dengan 12 sesi seminar yang menghadirkan 105 ahli di bidang energi, dan 2 seminar yang didukung oleh kementerian serta keterlibatan dari 9 asosiasi. 

Selama pameran, hadir pula perwakilan dari berbagai kementerian dan asosiasi seperti Kementerian ESDM, Kementerian PUPR, Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia (PJCI), Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI), National Battery Research Institute (NBRI), Asosiasi Produsen Peralatan Listrik Indonesia (APPLI), Asia Pacific Urban Energy Association (APUEA), Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi), dan banyak asosiasi industri yang berpartisipasi aktif, menunjukkan pentingnya IEE Series 2024 - Energy Week sebagai platform pendorong terciptanya industri energi dan pengolahan air yang berkelanjutan.

Lia Indriasari, Country Manager Pamerindo Indonesia, mengucap syukur dan kebanggaannya atas suksesnya pelaksanaan pameran yang dapat mendukung keberlanjutan sektor energi ini. Menurutnya, gelaran IEE Series 2024 - Energy Week ini berhasil memberikan dampak positif dalam mendorong keberlanjutan industri di Indonesia, khususnya pada sektor energi. 

"Pada tahun ini, IEE Series terbagi menjadi dua pekan. Di pekan pertama Energy Week ini, kita bisa menyaksikan terciptanya banyak kerjasama dan kesepakatan industri sektor energi. Kami juga berusaha terus mendorong segala aspek keberlanjutan, dan kami bangga bahwa banyak peserta pameran dan juga pemangku kepentingan lain yang telah bersemangat dalam mendukung proyek keberlanjutan ini. Ini bukti bahwa semua pihak telah bersepakat mengimplementasikan keberlanjutan industri bersama-sama menuju masa depan," paparnya.

Berbagai pelaku industri di sektor energi dan pengolahan air nasional maupun internasional juga telah menampilkan inovasi-inovasi terbaru mereka demi turut mendorong terciptanya keberlanjutan industri di berbagai aspek. Perwakilan internasional dari perusahaan Tiger Water Solutions turut mengapresiasi suksesnya gelaran Water Indonesia 2024 ini. 

Tiger Water Solutions telah menjalankan bisnisnya selama 30 tahun di industri air, terutama dengan pengalaman mendukung bidang pertambangan, pedesaan, pertanian, industri, dan industri proteksi kebakaran, melalui penyediaan produk dan proyek pasokan air berkualitas di seluruh wilayah Asia Tenggara. 

"Selama gelaran ini, kami bertemu dengan banyak pelanggan lama yang kembali lagi ke pameran ini untuk mengunjungi stand kami. Dan kami juga mendapat banyak pertukaran informasi dan dukungan dari berbagai pelaku industri ini di Indonesia," tegas perwakilan Tiger Water Solutions.

Beberapa perwakilan pelaku industri pun menyatakan apresiasi yang senada atas partisipasinya pada kedua pameran ini. Peserta Electric and Power Indonesia, yaitu LS Electric Indonesia, perusahaan yang memproduksi dan memasok perangkat dan peralatan listrik seperti transmisi tenaga listrik hingga distribusi di jaringan listrik dan industri, menyatakan bahwa selama 4 hari ini, banyak potential customers yang telah mengunjungi pihaknya. 

"Mereka sangat bersemangat untuk mengetahui produk-produk kami. Ini peluang besar bagi kami untuk semakin mengenalkan produk-produk kami secara berkelanjutan di Indonesia," tutur perwakilan LS Electric Indonesia.

Dilaksanakan bersama dengan rangkaian Indonesia Water Forum 2024, perwakilan instansi manajemen air minum dari banyak daerah di Indonesia pun turut berinteraksi dengan berbagai peserta pameran demi memajukan industri air minum dan pengolahan air di Indonesia. "Pameran Water Indonesia tahun ini banyak membantu kami untuk bertemu dengan banyak klien. Terima kasih kepada Pamerindo Indonesia, sehingga kami bisa menjalankan bisnis kami menuju ke arah yang lebih baik," ucap perwakilan HCP Pump sebagai salah satu peserta pameran Water Indonesia.

Baca juga: IEE Series 2024 Hadirkan The Battery Show Indonesia 2025 Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik dan Energi Terbarukan

Mendorong Keberlanjutan Industri melalui Keterlibatan Generasi Muda

Sumber: