Ratusan Pesilat PPS Congkok Indonesia Gelar Upacara HUT Ke-79 RI

Ratusan Pesilat PPS Congkok Indonesia Gelar Upacara HUT Ke-79 RI

Upacara 17 Agustus pesilat Betawi yang juga diikuti pesilat Betawi asal Chile.-Istimewa-

JurnalisID -  Sebanyak 200 pesilat PPS Congkok Indonesia melaksanakan upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-79 tahun di area outbound Kopses Ciseeng, Bogor, Jawa Barat. Upacara ini menjadi bagian dari ujian kenaikan tingkat para pesilat Congkok.

Acara ini menjadi lebih istimewa karena diikuti juga oleh para pesilat dari Chile sebanyak 12 orang. Para pesilat Chile  dipimpin oleh Hardy Castro Godoy yang sejak beberapa tahun mengembangkan silat tradisi Betawi di negara asalnya, Chile.

"Kami gembira sekali berada di Indonesia untuk mengikuti ujian kenaikan silat dan juga bisa melihat langsung budaya masyarakat Indonesia dan juga Betawi," ujar Hardy. 

Dalam sambutannya, Guru Besar PPS Congkok Indonesia, Abah Meong, memberi pesan kepada para pesilat agar tetap menjaga persatuan dan persaudaraan, baik di internal congkok maupun dengan perguruan silat lainnya. 

"Para pesilat tidak boleh sombong dan tetap menjaga semangat persaudaraan kita. Kepada Hardy dan saudara-saudara dari Chile,  saya mengucapkan terima masih telah berkunjung ke Indonesia. Saya berharap Bung Hardy bisa mengembangkan silat tradisi Betawi lebih hebat lagi di Chile," kata Abah Meong.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pencak Silat Tradisi Betawi Indonesia (Astrabi) Yusron Sjarief mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PPS Congkok Indonesia yang juga merupakan salah satu anggota sanggar Silat Tradisi Betawi di bawah naungan Astrabi. 

"Teruslah mengembangkan silat tradisi yang kini sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda dunia asli Indonesia. Jangan berhenti, karena bukan tidak mungkin pengakuan UNESCO bisa dicabut kembali kalau kita tidak aktif memelihara tradisi silat kita," kata Yusron. (Atn)

Sumber: