Waduh, Kualitas Udara Jakarta Pagi Ini tidak Sehat, Hindari Aktivitas Luar Ruang

Waduh, Kualitas Udara Jakarta Pagi Ini tidak Sehat, Hindari Aktivitas Luar Ruang

Isu mengenai buruknya kualitas udara di sekitar DKI Jakarta telah menjadi perhatian masyarakat dan pemerintah. --

JurnalisID - Kualitas udara di ibu kota Jakarta pada Minggu (9/6) pagi ini ternyata dalam kategori tidak sehat. Masyarakat pun terutama yang ingin beraktivitas di luar ruang diimbau untuk menghindarinya.

Berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir, pada pukul 06.30 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta berada di angka 166, dengan angka partikel halus (particulate matter/PM) 2,5 di angka konsentrasi polutan 77 mikrogram per meter kubik.

Konsentrasi itu setara 15,4 kali dari nilai panduan kualitas udara tahunan dari WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia. Indeks kualitas udara tersebut membuat Jakarta menduduki kota dengan kualitas udara ketiga terburuk di dunia.

Di atas Jakarta, kota dengan kualitas udara terburuk pada peringkat pertama, yakni Kampala, Uganda, dengan indeks kualitas udara di angka 174, kemudian Delhi, India, pada peringkat kedua dengan indeks 166.

Sejumlah wilayah di Jakarta yang tercatat memiliki kualitas udara dengan kategori tidak sehat, yakni Kuningan, Kemang, dan Jeruk Purut.

Warga direkomendasikan untuk menghindari aktivitas di luar ruangan, mengenakan masker saat di luar, menutup jendela untuk menghindari udara luar yang kotor, serta menyalakan penyaring udara.

Sistem Informasi Lingkungan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta juga mencatat bahwa kualitas udara di Jakarta secara keseluruhan untuk polusi udara PM2,5 berada pada kategori tidak sehat dengan indeks angka 109.

Kategori tidak sehat berarti tingkat kualitas udara bersifat merugikan pada manusia ataupun kelompok hewan yang sensitif atau bisa menimbulkan kerusakan pada tumbuhan ataupun nilai estetika

Salah satu wilayah yang tercatat berada pada kategori udara tidak sehat, yakni Kebon Jeruk. (Ant)

 

Sumber:

Berita Terkait