Kenali Gejala Sensor MAF Mobil Rusak

Kenali Gejala Sensor MAF Mobil Rusak

Contoh sensor MAF Suzuki Baleno. Dok. JurnalisID--

JurnalisId - Apa fungsi sensor MAF (Mass Air Flow) sensor pada mobil?. MAF sensor adalah salah satu komponen yang ada pada mobil dengan sistem EFI atau Electronic Fuel Injection. Ya, perangkat ini punya peran penting dalam membantu mobil mempertahankan rasio bahan bakar-udara

Perangkat ini mengukur volume bahan bakar dan udara yang masuk ke mesin atau ruang bakar dan mengirimkan informasi tersebut ke Engine Control Unit (ECU). Berdasarkan informasi tersebut, ECU menentukan jumlah gas yang perlu dikirim oleh injektor bahan bakar ke masing-masing silinder. 

Anda harus berhati-hati terhadap gejala sensor MAF yang buruk atau rusak, karena sedikit kerusakan pada perangkat ini menyebabkan kinerja mesin ikut menjadi buruk dan tidak optimal. 

Gejala sensor MAF rusak yang paling umum

Sensor MAF perlu bekerja dengan baik karena ECU memerlukan informasi mengenai jumlah bahan bakar-udara di dalam mesin. Waspadai gejala umum berikut.

Kerusakan sensor MAF pada mobil transmisi manual akan menyebabkan mesin tidak dapat digas dan mobil tidak akan melaju meskipun dalam keadaan menyala, sedangkan untuk mobil transmisi matic mobil masih bisa melaju atau berjalan, namun konsumsi bahan bakar akan terasa lebih boros. 

Hal itu bisa terjadi karena data pengukuran salah. ECU salah menghitung sehingga menyebabkan injeksi bahan bakar ke ruang bakar lebih banyak dari biasanya sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakar berlebih. Selain itu, kelebihan bensin yang tidak terbakar sempurna menyebabkan pipa knalpot mengeluarkan asap hitam.

Gejala lainnya adalah mesin susah dihidupkan terutama saat mesin dalam keadaan dingin, bahkan yang terparah mesin tidak mau hidup sama sekali. Dalam hal ini, komputer mobil tidak dapat mengontrol rasio bahan bakar terhadap udara, karena sensor tidak mengirimkan informasi apa pun ke ECU.

Salah satu gejala yang paling jelas terlihat ketika sensor MAF rusak adalah lampu check engine akan menyala di dashboard mobil Anda. Indikator ini berfungsi untuk memberitahu pengemudi agar masalah dapat terdeteksi dan diperbaiki tepat waktu. 

"Gejala sensor MAF rusak gak bisa digas, karena suplai bahan bakar berkurang. Kerja perangkat ini merintah ECU, kemudian ECU yang menggerakkan sinyal injector, kapan bahan bakar harus cepat, lambat, besar dan kecil tergantung kaki si pengemumudinya. Kalau sensor MAF normal berfungsi mengatur arus besar kecilnya bensin," kata Mislam mekanik sekaligus pemilik bengkel mobil Fahmi Jaya Motor, kepada JurnalisID di Bekasi, Selasa (23/7/2024). 

Pria ramah ini juga menjelaskan, sensor MAF merupakan perangkat elektronik sehingga kondisi bagus atau buruknya tidak bisa ditebak dari segi keawetan tanpa diperiksa secara teliti. 

"Ada yang setahun atau dua tahun sudah minta ganti, cara paling gampang ketika lagi masalah kita ukur pakai alat avometer agar ketahuan tegangannya, biar lebih yakin itu rusak atau tidak," ungkap Mislam.

Penyebab sensor MAF rusak 

Setelah memahami gejala sensor MAF yang buruk atau rusak, kita harus mengetahui penyebab di balik masalah ini. Sensor MAF yang rusak dapat disebabkan oleh beberapa alasan. Khususnya sensor yang bermasalah karena kotoran atau minyak yang menjadi penyebab utama ECU salah mengartikan sinyal input. 

Sumber: