Nah Lho... Minum Susu Sebaiknya tidak Dicampur dengan Bahan Ini

Nah Lho... Minum Susu Sebaiknya tidak Dicampur dengan Bahan Ini

Manfaat susu-jcomp-Freepik

JurnalisID - Susu merupakan minuman sehat yang mengandung nutrisi baik untuk tubuh. Susu mengandung kalori, protein, kalsium,  lemak, vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin K, natrium, magnesium, dan kalium.

Karena itu, bisa dipastikan susu sangat baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya untuk meningkatkan kekuatan tulang, menjaga kesehatan gigi, dan sebagainya.

Namun, beberapa jenis makanan ternyata tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan susu karena kandungannya dapat menyebabkan reaksi tertentu dalam pencernaan.

Reaksi seperti susu mengendap dalam pencernaan membuat susu kehilangan manfaatnya, atau sebaliknya susu menyebabkan nutrisi dari makanan itu tidak dapat diserap tubuh seutuhnya. Lantas, makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan susu? 

Simak ulasan lengkapnya berikut ini. Dikutip dari Food NDTV, berikut ini sederet bahan makanan yang tidak boleh dicampur dengan susu. Pasalnya, jika susu digabungkan dengan makanan ini dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Baca juga: Memakan Mentimun Mentah Lebih Bermanfaat untuk Kesehatan Lho

- Susu dengan protein

Menurut ahli gizi yang berbasis di Delhi, Anshul Jaibharat, susu tidak boleh digabungkan dengan sumber protein lain karena dapat menyebabkan berat dan masalah pencernaan pada beberapa orang. "Mereka yang ingin menurunkan berat badan harus menghindari kombinasi ini," kata Anshul.

Namun, kombinasi ini terbukti bermanfaat bagi orang yang ingin menambah berat badan serta untuk pertumbuhan anak.

"Dua protein tidak boleh dimakan bersamaan dalam satu makanan. Hindari mengonsumsi ikan dan semua jenis daging dengan susu," jelas Shilpa Arora ND , praktisi kesehatan, ahli gizi, dan pelatih kesehatan makrobiotik bersertifikat ini.

- Susu dengan bahan asam

Bahan asam dan jeruk tidak boleh digabungkan dengan susu karena bisa menggumpal seperti keju di dalam pencernaan. "Buah-buahan yang kaya vitamin C tidak boleh dipadukan dengan susu," kata Shilpa.

- Susu dengan buah

Ini akan mengejutkan, tetapi para ahli menyarankan untuk tidak menggabungkan susu dengan jenis buah apa pun. Ayurveda menyarankan untuk mengonsumsi susu dan buah-buahan secara terpisah.

Sumber: