Hankook Bangun Instalasi Pompa untuk Dukung Ketersediaan Air Bersih bagi Ratusan KK di Bekasi

Hankook Bangun Instalasi Pompa untuk Dukung Ketersediaan Air Bersih bagi Ratusan KK di Bekasi

Hankook menyediakan air bersih untuk warga Kabupaten Bekasi.-DOK.HANKOOK-

JurnalisID - Krisis air bersih akibat perubahan iklim masih menjadi tantangan bagi banyak negara di dunia, termasuk Indonesia yang membuat masyarakat kesulitan mendapatkan akses air bersih

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, Hankook Tire, perusahaan ban global terkemuka, membangun instalasi pompa air untuk masyarakat Desa Pasirranji, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sebagai bagian dari program CSR perusahaan. 

Proyek dengan nilai investasi sekitar Rp120 juta ini diresmikan oleh Presiden Direktur Hankook Tire Indonesia, Chang Doo Young, bersama Camat Cikarang Pusat, Edward Sutarman, di lokasi sumur pada Rabu (28/8).

Chang Doo Young menjelaskan, Hankook terus berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Bekasi, salah satunya ketersediaan air bersih yang menjadi  kebutuhan mendasar bagi kehidupan manusia. 

"Untuk itu, Hankook membangun instalasi pompa air yang mampu menghasilkan 3.000 liter air bersih per hari untuk memenuhi sekitar 231 kepala keluarga. Semoga dengan akses air bersih yang lebih mudah, diharapkan kesehatan masyarakat meningkat, anak-anak dapat belajar tanpa terganggu oleh masalah air, dan aktivitas ekonomi lokal bisa lebih berkembang," ujarnya.

Pada 2023, krisis air bersih masih dialami warga di 47 desa yang tersebar di 11 kecamatan dari 23 kecamatan di wilayah Kabupaten Bekasi. Akibat krisis air bersih itu, sebanyak 178.176 jiwa atau sekitar 53.246 kepala keluarga mengalami kesulitan, dan 24.491 hektare lahan pertanian mengalami kekeringan. Inisiatif Hankook Tire ini merupakan respons nyata untuk membantu mengatasi masalah tersebut, khususnya di Desa Pasirranji.

Program CSR bertajuk 'Water Pump Installation Support 2024' ini merupakan wujud kepedulian Hankook Tire terhadap komunitas lokal. Selain pembangunan infrastruktur, PT Hankook Tire Indonesia juga melibatkan karyawan dalam proses gotong royong bersama warga dan teknisi, untuk menciptakan rasa memiliki terhadap fasilitas yang dibangun.

Baca juga: Hankook Tire Raih Penghargaan pada Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-74

Sejak berdiri 2013, PT Hankook Tire Indonesia telah konsisten menyalurkan program CSR penyediaan ratusan tangki air bersih untuk masyarakat di berbagai desa sekitar pabrik, salah satunya Desa Pasirranji. Sebagai langkah inovatif, tahun ini Hankook Tire membangun instalasi pompa air agar akses air bersih menjadi lebih mudah dan praktis, sehingga kebutuhan sehari-hari warga dapat terpenuhi dengan lebih baik.

Camat Cikarang Pusat Edward Sutarman menyampaikan apresiasinya atas konsistensi Hankook Tire dalam menjalankan program CSR. “Kami sangat berterima kasih kepada Hankook Tire atas pembangunan instalasi pompa air di desa kami. Sebelum adanya pompa air ini, warga Desa Pasirranji harus menempuh jarak 11 km untuk membeli air bersih di Desa Pasirtanjung. Setelah adanya instalasi pompa air ini, warga Desa Pasirranji dapat mengakses air bersih yang kayak dengan efektif dan efisien. Program ini sangat membantu dalam mengatasi masalah yang kami hadapi dalam memperoleh air bersih," katanya.

Ke depannya pengelolaan instalasi pompa air ini akan dipercayakan kepada karang taruna RT 004/005 Desa Pasirranji, yang akan bertanggung jawab atas pemeliharaan dan distribusi air ke pemukiman warga.

Program CSR ini merupakan bagian dari komitmen Hankook Tire untuk memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan komunitas lokal dan membangun masa depan yang lebih baik. Hankook Tire akan terus berupaya menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah dan komunitas lokal untuk memastikan keberlanjutan program ini. 

Inisiatif ini juga sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam operasional bisnis yang berkelanjutan dan mencapai kesejahteraan masyarakat yang lebih luas. (Atn)

Sumber: pt hankook tire indonesia