IEE Series 2024 Dorong Teknologi Pendukung Keberlanjutan dan Energi Terbarukan

IEE Series 2024 Dorong Teknologi Pendukung Keberlanjutan dan Energi Terbarukan

Indonesia Energy & Engineering (IEE) Series 2024. Dok. Ist--

JurnalisID - Indonesia Energy and Engineering (IEE) Series 2024 resmi dibuka 28 Agustus 2024 melalui gelaran Energy Week 2024 bertema 'Advancing Industrial Sustainability: Smart Urban Development and Sustainable City'.

Pamerindo Indonesia selaku penyelenggara IEE Series 2024, menyatakan visinya dalam memajukan industri berkelanjutan, terutama pada sektor perkembangan area urban dan juga kota berkelanjutan.

Sebagai the largest industrial platform in energy and engineering in Southeast Asia, IEE Series berkomitmen untuk mendorong perekonomian bangsa dan memberikan wadah bagi para pelaku bisnis untuk bertemu dan membuka peluang bisnis lintas-sektor secara nasional maupun multinasional, dan melalui kegiatan ini kami juga ingin mendukung pemerintah dalam mencapai target bauran energi terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025. Melalui kolaborasi dan inovasi yang terwujud disini, akan menjadi motor penggerak bagi kemajuan industri dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” ucap Lia Indriasari, Country Manager Pamerindo Indonesia, saat opening ceremony IEE Series 2024, di JIExpo, Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Transisi energi terbarukan di Indonesia diharapkan semakin menguat karena potensi sumber daya alamnya yang mumpuni untuk mendukung peralihan dari energi fosil ke pemanfaatan energi terbarukan seperti energi surya, geothermal, biomassa, bio-energi, dan juga energi laut.

Karena itu, pameran Electric and Power Indonesia secara khusus mengangkat tajuk 'The 22nd Series of Power Generation, Renewable Energy & Electrical Equipment Exhibition', dimana akan menyoroti dua bagian baru, yaitu energi surya dan juga baterai. Pada sisi energy surya, beberapa peserta akan menampilkan inovasi pada peralatan produksi sel tenaga surya (Photovoltaic/PV), sistem pengaplikasian sel tenaga surya pada berbagai kebutuhan industri seperti AC, lampu jalan, sampai dengan bahan mentah sel tenaga surya, maupun berbagai peralatan yang mendukungnya, termasuk perangkat lunak, teknologi penyimpanan, serta panel surya itu sendiri.

Pada sisi teknologi penyimpanan atau baterai, berbagai peserta pameran disini akan menampilkan teknologi terbaru pengisi dan penyimpanan daya peralatan elektronik, perlengkapan industri, penyimpanan energi terbarukan, sampai dengan teknologi pengisian daya kendaraan elektrik.

Energy Week - IEE Series 2024 diharapkan mampu menjadi pionir dalam mewujudkan keberlanjutan industri dengan menekankan pentingnya aspek-aspek Sustainable Development Goals (SDGs) dalam berbagai bidang.

"Sebagai komitmen kami untuk terus mendorong agenda keberlanjutan, banyak sekali inisiatif yang kami jalankan terkait sustainability, dan tecermin dalam tiap aspek yang kami hadirkan dalam pameran kami ini, mulai dari pengelolaan energi, manajemen limbah atau sampah, program carbon offset, inclusivity and diversity, serta edukasi dan sharing knowledge. Tahun lalu kami telah berhasil menerapkan 16 poin dari 17 poin SDGs," ujar Lia.

Energy Week - IEE Series 2024 diharapkan mampu menjadi pionir dalam mewujudkan keberlanjutan industri dengan menekankan pentingnya aspek-aspek Sustainable Development Goals (SDGs) dalam berbagai bidang. Lia Indriasari pada sambutannya juga menegaskan bahwa, "Sebagai komitmen kami untuk terus mendorong agenda keberlanjutan, banyak sekali inisiatif yang kami jalankan terkait sustainability, dan tercermin dalam tiap aspek yang kami hadirkan dalam pameran kami ini, mulai dari pengelolaan energi, manajemen limbah atau sampah, program carbon offset, inclusivity and diversity, serta edukasi dan sharing knowledge. Tahun lalu kami telah berhasil menerapkan 16 poin dari 17 poin SDGs."

Baca juga: IEE Series 2024 Resmi Dibuka, Bertemakan Advancing Industrial Sustainability

Dalam bidang edukasi dan inovasi, Pamerindo Indonesia menghadirkan program Connecting the Disconnected, bertujuan untuk menghubungkan akademisi, peneliti, dan pelajar dengan industri dan asosiasi terkait secara langsung. Beberapa program di dalamnya melibatkan pelaku industri dan perwakilan asosiasi untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa dari 3 universitas ternama di Indonesia, dan juga program Student Visit dari berbagai universitas dengan program studi teknik selama 4 hari gelaran Energy Week.

Di hari terakhir Energy Week akan digelar kembali program SHARE-PIE dengan tajuk 'Innovation Opportunity In Indonesia Energy Sector', di mana program ini merupakan program pemberian penghargaan atas inovasi teknologi generasi muda untuk memajukan sektor energi.

Dalam bidang transportasi dan pengurangan emisi, Energy Week juga bekerjasama dengan beberapa pihak untuk mendorong transisi energi bahan bakar transportasi ke arah kendaraan listrik. Pamerindo bekerja sama dengan INVI dan KALISTA (member of Indika Energy Group) dalam penyediaan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik dan juga shuttle bus EV gratis pulang pergi dari titik keberangkatan Senayan City dan Pondok Indah Mall menuju JIExpo. Selama gelaran Energy Week pun dihadirkan sejumlah stasiun pengisian daya kendaraan listrik yang dihadirkan melalui kerjasama dengan SSKTama dan juga Starvo.

Sumber: