IEE Series 2024 Resmi Dibuka, Bertemakan Advancing Industrial Sustainability

IEE Series 2024 Resmi Dibuka, Bertemakan Advancing Industrial Sustainability

Opening ceremony Indonesia Energy & Engineering 2024. Dok. JurnalisID--

JurnalisID - Indonesia Energy and Engineering (IEE) Series 2024 resmi dibuka hari ini, Rabu 28 September 2024. Mengangkat tema 'Advancing Industrial Sustainability' menjadi ajang pertemuan industri terbesar di Asia Tenggara pada sektor energi dan engineering kembali diadakan demi menunjang industri berkelanjutan. 

Country Manager Pamerindo Indonesia Lia Indriasari mengatakan, industri di Indonesia senantiasa berkembang, dan semakin berusaha mencari inovasi yang lebih berkelanjutan untuk menuju era Indonesia Emas 2045. 

"Rangkaian pameran Energy Week dan Engineering Week ini akan berusaha memberikan jawaban atas kebutuhan itu. Baik itu keberlanjutan dari sisi inovasi teknologi yang lebih ramah lingkungan, keberlanjutan sumber daya manusia untuk industri di masa depan, maupun dari model penyelenggaraan pameran yang lebih mementingkan unsur sustainability untuk semua aspeknya. Kami ingin memberi impact lebih besar pada perkembangan industri berkelanjutan di Indonesia, dan itu hanya bisa terwujud melalui berbagai  kolaborasi, baik pemerintah, asosiasi, pelaku industri lokal dan internasional, maupun pelajar sebagai generasi penerus atau young engineer," ujar Lia, saat Opening Ceremony, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (28/8).

Menurut Lia, tujuan ini juga sejalan dengan salah satu target pemerintah yang tertera dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, yaitu mewujudkan kesinambungan pembangunan melalui peningkatan SDM, penguasaan teknologi serta transformasi sarana prasarana industri, dan kolaborasi antarsektor pendukung pembangunan.

Dengan tujuan itu, IEE Series 2024 merangkai berbagai sektor dalam satu pameran melalui program-program yang dirancang khusus untuk memenuhi berbagai minat dan tujuan tiap sektor. Termasuk di dalamnya antara lain business matching, podcast, dan berbagai seminar hybrid yang mencakup topik-topik menarik di tiap industri, seperti Indonesia Water Forum bertema 'Transformasi Air Minum Menuju Indonesia Emas 2024' yang bekerja sama dengan Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi).

Selain itu, ada seminar kemajuan teknologi panel surya dan tren penunjang kendaraan listrik (EV) oleh Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI), topik dekarbonisasi, efisiensi energi, dan inovasi teknologi di pertambangan yang akan dibahas oleh Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (Aspindo), hingga topik terkait inovasi teknologi di industri minyak dan gas yang akan dibawakan oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.  

Bertempat di JIExpo Kemayoran, IEE Series 2024 terbagi menjadi dua pekan, yaitu Energy Week pada 28-31 Agustus dan Engineering Week pada 11-14 September.  Keduanya mencakup area yang lebih luas jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yaitu seluas lebih dari 100.000 meter persegi dengan penambahan area outdoor, serta melibatkan lebih dari 3.800 peserta untuk 9 pameran. 

Sumber: