Aksi Spiderman Indonesia di Pentas Olimpiade Jadi Sorotan Media Asing

Aksi Spiderman Indonesia di Pentas Olimpiade Jadi Sorotan Media Asing

Atlet panjang tebing Indonesia Veddriq Leonardo.-DOK.KOI-

JurnalisID - Aksi spiderman Indonesia Veddriq Leonardo yang menyabet medali emas cabang olahraga panjat tebing Olimpiade Paris 2024 menjadi sorotan sejumlah media asing.

Hal ini tentunya sangat membanggakan publik di Tanah Air. Ia memang tampil gemilang di cabang olahraga panjat tebing nomor speed, Kamis (8/8). Dalam pertandingan tersebut, Veddriq Leonardo berhasil menyabet medali emas pertama Indonesia.

Video pertandingan final saat Veddriq adu cepat panjat dengan para pesaingnya pun beredar luas di media sosial. Atlet asal China Wu Peng harus mengakui keunggulan Veddriq setelah terpaut hanya 0,02 detik. Veddriq  sendiri mencatat waktu 4,75 detik.

Torehan itu sekaligus mengantarkan Veddriq menjadi juara dan meraih medali emas pertama untuk Indonesia.

Berikut media asing yang memberitakan kemenangan Veddriq;

1. Nikkei Asia

Nikkei Asia memasang judul 'Indonesia's Leonardo wins gold in men's speed climbing event'.

Media Jepang ini menyebutkan peraih medali emas (Veddriq), perak (Wu Peng), dan perunggu (Sam Watson dari Amerika Serikat).

Terkhusus bagi Watson, Nikkei Asia mencatumkan bahwa ia memecahkan rekor dunia di perebutan medali perunggu dengan waktu 4,74 detik.

2. Sports Illustrated

Media olahraga ternama yang berbasis di New York, Amerika Serikat, ini menulis judul 'Sport Climber Wins Indonesia's First Gold Medal at Paris Olympics, Earns Hefty Bonus' dalam salah satu artikelnya.

Diberitakan pula bahwa emas Leonardo ini dimenangi sehari setelah Aleksandra Miroslaw dari Polandia melakukan hal yang sama di kategori putri.

"Tak hanya medali emas pertama Leonardo di nomor speed, ajang tersendiri di Olimpiade, ini juga medali emas pertama Indonesia di Paris," lapor media ini.

3. Agence France-Presse (AFP)

Sumber: