Buka Rangkaian Acara Hari Asuransi 2024, DAI Gelar Turnamen Golf

Buka Rangkaian Acara Hari Asuransi 2024, DAI Gelar Turnamen Golf

Dewan Asuransi Indonesia menggelar turnamen golf di Sentul, Bogor, Jawa Barat.-Ist-

JurnalisID – Dewan Asuransi Indonesia (DAI) membuka rangkaian acara Hari Asuransi 2024 dengan menggelar turnamen golf yang diikuti 138 peserta dari berbagai perusahaan Asuransi di Permata Sentul Golf Club, Bogor, Jawa Barat. 

Acara ini diharapkan menjadi titik awal bagi semua pemangku kepentingan untuk bersinergi dalam mendukung kegiatan literasi asuransi yang akan dilaksanakan di 20 kota/kabupaten, dengan tujuan meningkatkan inklusi keuangan dan jumlah pemegang polis di Indonesia.

Ketua Panitia Hari Asuransi 2024, Ronny Iskandar, menyatakan antusiasmenya terhadap acara ini, mengingat turnamen golf itu merupakan kesempatan untuk menjalin hubungan baik di antara pelaku industri asuransi.

"Kegiatan turnamen golf ini kami adakan sebagai pembuka, agar semua pihak dapat mendukung literasi asuransi secara masif di 20 kota/kabupaten nanti. Kami sangat membutuhkan dukungan dan sinergi dari semua pihak, baik dari perusahaan, regulator, maupun masyarakat," ujar Ronny dalam keterangan resmi, Rabu (31/7).

Ronny menambahkan bahwa rendahnya tingkat literasi asuransi di Indonesia masih menjadi tantangan besar yang harus diatasi oleh seluruh pelaku industri asuransi.

Berdasarkan Peta Jalan Pengembangan dan Penguatan Perasuransian Indonesia 2023-2027 serta Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022 yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi di sektor asuransi masih berada di bawah level lembaga jasa keuangan lainnya, hanya sebesar 31,72% dengan inklusi sebesar 16,63%.

Sejalan dengan pernyataan Ronny, Ketua Umum DAI Yulius Bhayangkara juga menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh Panitia Hari Asuransi Nasional 2024 dan berharap upaya ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

"Kami menyadari bahwa masih banyak masyarakat yang belum memahami manfaat serta pentingnya memiliki asuransi, sehingga tingkat penetrasi asuransi di Indonesia masih relatif rendah jika dibandingkan dengan industri keuangan lainnya," kata Yulius.

Acara turnamen golf yang disponsori oleh berbagai perusahaan seperti Tugu Insurance, MSIG, Tugu Re, Allianz, PLN Insurance, Asuransi Jasindo, Tala Re, PT Lestari Cipta Hokindo, Bank BJB, PT Mitra Cipta Proteksindo dan Asuransi Sinar Mas ini juga memiliki momen istimewa berupa kegiatan donasi bantuan sosial dalam bentuk uang tunai kepada PMI Bogor, sebagai wujud kepedulian pelaku usaha jasa asuransi terhadap sesama, yang menunjukkan komitmen mereka yang melampaui sekadar tujuan bisnis. (Atn)

 

Sumber: