Wang Chuanfu, Sosok di Balik Sukses Mobil Listrik BYD

Wang Chuanfu, Sosok di Balik Sukses Mobil Listrik BYD

CEO BYD Wang Chuanfu.-Linkedin-

JurnalisID - Wang Chuanfu ialah satu nama yang wajib dikenal di industri otomotif dan bisnis dunia. Lahir pada Februari 1966 di Tiongkok, China, bersama sepupunya Lu Xiangyang di sisinya, Wang Chuanfu mengambil lompatan keyakinan di usia 29 tahun. 

Di pusat teknologi yang berkembang pesat di Shenzhen, mereka menanam benih impiannya BYD. BYD merupakan nama dari sebuah perusahaan yang merupakan singkatan dari Build Your Dreams', untuk mencerminkan visi dan misi perusahaan terhadap pemberdayaan dan kemajuan masyarakat dalam membangun mimpi.

Sejak berdirinya BYD, Wang telah menganut konsep berbasis teknologi, berorientasi pada inovasi. Dengan mengandalkan kekuatan penelitian dan pengembangan serta kemampuan inovasi perusahaan, Wang membuktikan komitmennya untuk membangun BYD menjadi perusahaan yang kompetitif secara internasional. 

Fokus awal mereka bukanlah pada mobil, namun sesuatu yang lebih kecil dan lebih umum, yaitu baterai telepon seluler. Perjalanannya tidak mulus. Tantangan bermunculan, keuangan, dan persaingan semakin ketat. Namun, Wang tetap bertahan. 

Sebagai seorang ahli strategi, ia mampu melihat gambaran yang lebih besar dan memahami bahwa baterai adalah kunci masa depan, dan mendukung energi yang ramah lingkungan. BYD berkembang pesat menjadi produsen baterai ponsel terbesar di dunia, namun Wang tidak berpuas diri. Ia melihat keterbatasan bahan bakar fosil dan dampak lingkungan yang ditimbulkannya. 

Dengan visi yang berani, ia mengarahkan BYD menuju era mobil listrik. Transisi ini tidak mudah karena produsen mobil lain yang sudah mapan pun banyak yang mencemoohnya, namun Wang tidak terpengaruh. Ia mencurahkan pengetahuan dan sumber dayanya untuk penelitian dan pengembangan. 

Mobil BYD yang terkenal dengan desainnya yang ramping dan teknologi baterai yang inovatif mulai menarik perhatian dunia. Selama 29 tahun terakhir, dengan berpegang pada prinsip-prinsip inovasi teknologi dan kerja keras yang tiada henti, BYD telah berkembang menjadi perusahaan global yang mencakup empat industri utama yaitu, mobil, angkutan kereta api, energi baru, dan elektronik.

Wang membawa BYD dari sebuah perusahaan baterai kecil menjadi produsen baterai terbesar di dunia, yang merupakan komponen penting untuk kendaraan listrik (EV) dan elektronik. Di bawah kepemimpinannya, BYD menjadi pemimpin global dalam industry kendaraan listrik dan mampu melampaui penjualan Tesla pada 2022, serta merebut pangsa pasar secara signifikan. 

Komitmen Wang Chuanfu terhadap energi bersih adalah ciri khas karyanya. Berfokus pada pengembangan teknologi baterai dan kendaraan listrik mutakhir, BYD melahirkan solusi energi terbarukan dalam mendorong masa depan yang lebih berkelanjutan.

Kesuksesan BYD yang diakui secara global ini juga membuat Berkshire Hathaway, perusahaan milik Warren Buffet, melirik BYD pada 2008 dan melakukan investasi sebesar US$232 juta. Pada saat itu Warren Buffet melihat BYD memiliki potensi untuk menjadi besar dengan inovasi dan kecanggihan teknologinya. Meski biasanya Warren Buffet cenderung berinvestasi di perusahaan yang mapan, karena kemampuannya untuk mengenali bisnis-bisnis undervalued namun memiliki potensi jangka panjang. 

Terbukti ketika keputusannya untuk berinvestasi di BYD ternyata merupakan keputusan yang jenius. Kepercayaan Buffet pada strategi bisnis, kepemimpinan, dan kemajuan teknologi BYD telah memainkan peran penting dalam kesuksesan global. Warren Buffet tidak hanya memberikan dukungan finansial tetapi juga berkontribusi pada kredibilitas dan visibilitas BYD di arena bisnis internasional.

Ketika pasar EV mulai merajai industri otomotif dunia pada 2021, BYD berperan besar di dalamnya. Harga saham meroket dan kepemilikan Berkshire di BYD meningkat hingga US$7 miliar, membuat investasi awal menjadi 30 kali lipat dari nilai aslinya, hal ini yang menunjukkan laba yang luar biasa dari investasi.

Perjalanan bisnis ini menyoroti sifat dinamis dari investasi dan bagaimana investor paling sukses sekalipun menyesuaikan strategi bisnis mereka berdasarkan kondisi pasar dunia. Hubungan investasi antara BYD dan Berkshire Hathaway berdampak signifikan pada kedua perusahaan.

Dalam perjalanan bisnisnya, BYD telah berkomitmen terhadap inovasi teknologi, yang menjadikannya pemimpin dalam kendaraan energi baru, dan telah dianugerahi banyak penghargaan. Wang sendiri menjadi salah satu anggota pendiri Komite Penasihat Pembangunan Berkelanjutan" dari Program Pembangunan PBB. Selain itu, atas respons global

Sumber: