ICSA Umumkan Susunan Pengurus dan Terobosan Program Kerja 2024-2027

ICSA Umumkan Susunan Pengurus dan Terobosan Program Kerja 2024-2027

Kepengurusan baru Asosiasi Sekretaris Perusahaan Indonesia (ICSA) periode 2024-2027.-DOK.ICSA-

JurnalisID - Sekretaris perusahaan memiliki peranan yang sangat penting dalam penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance/GCG). Di masa yang penuh dengan perubahan dan ketidakpastian seperti saat ini, tantangan dan tuntutan kepada profesi Sekretaris perusahaan menjadi semakin besar. 

ICSA menyadari akselerasi pada pengembangan profesi sekretaris perusahaan sangat dibutuhkan, melalui penguatan pada jajaran kepengurusan serta terobosan program-program kerja baru, ICSA sebagai asosiasi pengembang profesi sekretaris perusahaan di Indonesia yang mendorong standar tata kelola yang baik berskala internasional.

ICSA telah melaksanakan Rapat Umum Anggota (RUA) periode 2024 pada Selasa, 19 Maret 2024 dan mengangkat Katharine Grace sebagai Ketua Umum ICSA periode 2024-2027 efektif per 19 Maret 2024. Dalam rapat tersebut, para anggota juga telah menyetujui hasil Laporan Kegiatan 2021-2024, Laporan Keuangan 2021-2024, serta menyetujui perubahan Anggaran Dasar perkumpulan. 

Undangan partisipasi kepengurusan kepada anggota ICSA dibuka hingga 19 April 2024, hingga akhirnya jajaran Pengurus periode 2024-2027 dilantik dan dikukuhkan pada 7 Mei 2024. Hadirnya beberapa wajah baru pada susunan Pengurus, menjadi salah satu bentuk komitmen ICSA dalam membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para anggota untuk berkontribusi dan berperan aktif, serta menjadi ajang pengembangan diri bagi anggota.

Dalam paparannya, Katharine Grace, Ketua Umum ICSA, menjelaskan harapannya bahwa ke depan ICSA akan semakin produktif mengembangkan kemampuan sekretaris perusahaan. 

"Menjadikan ICSA sebagai asosiasi pengembang profesi sekretaris perusahaan Indonesia yang kuat serta berkomitmen untuk melaksanakan tata kelola yang berkelanjutan. Hal itu akan diwujudkan melalui misi ICSA, yakni mendorong kemajuan Pasar Modal Indonesia melalui kerja sama dengan regulator, SRO, asosiasi profesi dan Lembaga atau institusi terkait, meningkatkan jumlah anggota yang meliputi sekretaris perusahaan, profesi, akademisi dan mahasiswa, mengembangkan sistem pendidikan dan pelatihan sekretaris perusahaan dengan standar tata kelola internasional, mengembangkan standarisasi profesi sekretaris perusahaan. turut terlibat dalam proses pembuatan peraturan dan melakukan sosialisasi atas Peraturan-Peraturan tersebut, dan berpatisipasi aktif dalam perkembangan tata kelola yang berkelanjutan di tingkat internasional, serta melakukan publikasi dan membuka komunikasi yang baik dengan para pemangku kepentingan dengan menggunakan media termasuk media social," ujarnya.

Adapun sebagai perwujudan Visi dan Misi ICSA, rangkaian program kerja baru telah disusun dengan beberapa inisiatif strategis sebagai berikut:

Program Kerja ICSA Periode 2024-2027: 

Bidang Kerja Sama dan Kelembagaan: Mewujudkan kerja sama dengan OJK, SRO, sivitas akademika, lembaga pemerintah, swasta, dan mitra strategis ICSA lainnya.

Bidang Organisasi dan Keanggotaan: Merumuskan kebijakan dan melaksanakan program untuk memberikan manfaat terbaik bagi anggota ICSA.

Bidang Edukasi: Melalui ICSA Academy, ICSA akan menjadi pusat pengembangan kompetensi profesi sekretaris perusahaan di Indonesia melalui program pendidikan dan pelatihan yang terstruktur dan komprehensif (knowledge, skill, attitude).

Bidang Standardisasi Profesi: Membentuk rujukan sistem standardisasi bagi profesi sekretaris perusahaan dan melakukan pengembangan untuk meningkatkan kompetensi sekretaris perusahaan. 

Bidang Pengkajian: Melakukan kajian untuk menjadi mitra utama bagi anggota dalam mengkaji peraturan ataupun rancangan peraturan baru yang diterbitkan oleh OJK, SRO, dan Pemerintah terkait pasar modal, korporasi, dan juga profesi sekretaris perusahaan.

Bidang Hubungan Internasional: Mengikuti dan berpartisipasi dalam perkembangan tata kelola internasional, membina serta mengembangkan kerja sama dengan organisasi tata kelola internasional, termasuk mengadakan studi banding, webinar, konferensi berskala internasional, guna mendukung peningkatan profesi sekretaris perusahaan di Indonesia.

Sumber:

Berita Terkait