Auto2000 Resmikan Kampung Berseri Astra di Kampung Setaman Depok

Auto2000 Resmikan Kampung Berseri Astra di Kampung Setaman Depok

Kampung Setaman Depok Memiliki Lorong Oxygen-Auto2000-

JurnalisID – Auto2000 sebagai preferred dealer Toyota di Indonesia, meresmikan Kampung Berseri Astra (KBA) di wilayah Kampung Setaman RW 07 - Kel. Ratujaya - Kota Depok. Pembangunan KBA di Depok ini merupakan yang kedua setelah KBA Binaan Auto2000 di Cengkareng Timur yang diresmikan pada 2017 lalu.

Kampung Berseri (Bersih, Sehat, Cerdas, Produktif) Astra merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Group Astra. Berfokus pada pengembangan kampung atau daerah terpadu yang mangusung 4 pilar program CSR Astra, yaitu Pilar Pendidikan, Pilar Lingkungan, Pilar Pengembangan Ekonomi Masyarakat (UMKM), dan Pilar Kesehatan.

Selain itu, Program KBA bertujuan untuk turut serta membantu pemerintah dalam memenuhi program SDGs (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), untuk mendukung tercapainya Astra 2030 Sustainability Aspiration.

Melalui program ini, Auto2000 turut serta berkontribusi bagi kemajuan lingkungan sekitar perusahaan yang sejalan dengan Catur Dharma Astra, yaitu menjadi aset yang bermanfaat bagi Indonesia. Program Auto2000 untuk mengembangkan KBA Kampung Setaman berdasarkan 4 pilar, yaitu :

Pilar Kesehatan

Target pengembangannya adalah kesehatan Ibu dan Anak, dengan melakukan pembinaan dan pemberdayaan Posyandu. Berupa pemberian alat kesehatan dan pendukung Posyandu, pelatihan dan pendampingan kepada kader Posyandu, dan pemberian makanan tambahan bagi balita.

Pilar Pendidikan

Langkah yang dilakukan berupa pemberian alat pendukung belajar dan mengajar, pelatihan, serta pengembangan dan pendampingan guru. Auto2000 berusaha mengambil peran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD).

Sebelumnya dealer ini juga berhasil mendapatkan penghargaan Adhiwiyata tingkat Provinsi DKI Jakarta, yang diberikan Gubernur Anies Baswedan, kepada SD binaan, yakni SDN 21 Cengkareng Timur.

Adapun program PAUD, hasil yang dicapai berupa peningkatan kapasitas tenaga pendidik serta fasilitas pendukung pendidikan.

Pilar Lingkungan

Pilar ini mengintervensi problematika udara, dengan program “Zona Oksigen”. Melalui program ini, setiap gang di Kampung Setaman dibuat gondola tanaman Markisa.

Auto2000 juga ikut mengembangkan Program Kampung Iklim (Proklim) dengan aneka program penghijauan, pembuatan biopori, komposting, dan lain sebagainya. Membuat udara Kampung Setaman menjadi lebih sehat, teduh, dan ramah lingkungan.

Pilar UMKM

Pengembangannya berupa pendampingan dan pelatihan buka usaha kepada warga sekitar. Tidak hanya bagaimana membuat produknya, juga cara pembukuan, promosi, dan kegiatan penunjang lain untuk meningkatkan penjualan.

Pengembangan pilar ini hasilkan beberapa pengusaha baru di area tersebut. Sehingga memberdayakan serta meningkatkan kualitas masyarakat sekitar. Khusus di KBA Setaman Depok, yang dikembangkan adalah memanfaatkan buah Markisa dari “Zona Oksigen”, menjadi program generate income, dengan membuat sirup dari buah markisa yang dipanen. Lalu produksi bawang goreng, dan pengolahan kain majun.

Selain itu Auto2000 juga mengintervensi rintisan Bank Sampah sebagai usaha pengelolaan lingkungan bersih, sekaligus menjadi generate income bagi warga yang menjadi nasabah Bank Sampah.

“Bersama KBA Auto2000 Kampung Setaman Depok, kami ingin selalu hadir di tengah-tengah masyarakat sekitar perusahaan. Memberikan ragam program pemberdayaan yang dibutuhkan masyarakat, melalui empat pilar tadi, untuk mendorong kemapanan finansial,” jelas Human Capital & General Services Div. Head Auto2000, Zuriaty, beberapa waktu lalu.

Sumber: