Festival ini membawa konsep 'Pasar Sehat, Hijau, Bersih, dan Terawat' (Sejahtera) serta Halal' dengan fokus pada beberapa program unggulan, seperti:
1. Digitalisasi dan Literasi Keuangan
Para pedagang akan diberikan pelatihan tentang pemasaran digital dan literasi keuangan untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dan Whatsapp Business atau platform e-commerce untuk bertransaksi secara online.
Ini bertujuan untuk memperluas pasar dan menarik konsumen baru yang sebelumnya belum terjangkau dengan mengikuti perilaku belanja konsumen yang baru.
2. Program Sertifikasi Halal
Sejalan dengan usia ke-34 tahun Adira Finance di tahun ini, sebanyak 34 pedagang pasar akan dipandu dan dibantu untuk mendapatkan sertifikasi halal, yang tidak hanya membantu mereka memenuhi standar kehalalan produk tetapi juga memberikan nilai tambah untuk bersaing di pasar yang semakin kompetitif.
3. Revitalisasi Fasilitas Publik
Perbaikan aksesibilitas seperti penambahan papan penunjuk arah guna memudahkan pengunjung menemukan produk yang mereka cari.
Melengkapi sarana dan prasarana tempat ibadah, toilet, dustbin roda dan tempat sampah pilah, serta donasi 50 pohon dan art installation, diadakan untuk menciptakan lingkungan pasar yang nyaman, ramah lingkungan, dan menarik bagi pengunjung.
4. Promosi dan Aktivasi Pasar
Kompetisi Foto Mural dan Art Installation diadakan untuk mempromosikan Pasar Legi sebagai destinasi wisata yang menarik bagi generasi muda.
Ini juga mencakup Kompetisi Video #SahabatPasarRakyat yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mempromosikan pasar melalui konten kreatif di media sosial. Info lengkap mengenai kompetisi ini, cek adira.id/e/fpr24-kompetisifoto dan adira.id/e/kompetisivideo-fpr24.
"Sertifikasi halal di pasar menjadi hal yang penting saat ini, sebab disamping untuk memenuhi regulasi agar kepercayaan masyarakat meningkat terkait produk yang dijual, sekaligus juga dapat meningkatkan daya saing para pedagang di dalamnya," ujar Yusron, Head of Syariah Adira Finance.
Melalui gerakan #SahabatPasarRakyat, FPR 2024 mengajak masyarakat Solo dan sekitarnya untuk turut meramaikan Pasar Legi Solo dan mendukung para pedagang lokal.
Surya Almada Syahlani, Head of Regional SSD Jawa Tengah Adira Finance, mengajak warga memeriahkan acara ini dan mendukung pasar sebagai pusat ekonomi dan budaya lokal.
"Kunjungi Pasar Legi pada 19-20 Oktober 2024 dan nikmati berbagai kegiatan seru, mulai dari lomba mewarnai dan dongeng bagi anak-anak usia sekolah dasar melalui Program Generasi Anak Sayang Pasar, lomba masak antar tim bagi pedagang pasar, pertunjukan musik dan budaya setempat, fashion show dengan memanfaatkan sampah daur ulang di sekitar pasar, fasilitas uji emisi dan test ride kendaraan hingga pameran inklusi keuangan syariah," ujar Surya.