Volkswagen Indonesia Umumkan Kolaborasi Strategis dengan Kementerian Ekonomi Kreatif di GIIAS 2025

Volkswagen Indonesia Umumkan Kolaborasi Strategis dengan Kementerian Ekonomi Kreatif di GIIAS 2025

Volkswagen Indonesia untuk mendukung ekosistem kreatif nasional. (VW)--

JURNALISID.COM -  Di hari pertama perhelatan otomotif bergengsi tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, PT Garuda Mataram Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen di Indonesia resmi mengumumkan kolaborasi strategis dengan Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (EKRAF). Kemitraan ini menjadi bagian dari komitmen Volkswagen Indonesia untuk mendukung ekosistem kreatif nasional, mempertemukan dunia otomotif, kreativitas, dan budaya dalam satu semangat kolaborasi.

Sejak awal 2025, Volkswagen Indonesia telah mengusung semangat 'New Buzz in Life', mengajak masyarakat merayakan ekspresi diri melalui kehadiran ID. Buzz di GIIAS 2025, perjalanan ini berlanjut dengan menggandeng mitra dari berbagai industri, komunitas, dan seniman lokal yang berbagi visi inovasi dan keberlanjutan.

Volkswagen Indonesia dan Kementerian EKRAF membuka lebih banyak kesempatan bagi pelaku kreatif Indonesia untuk berekspresi dan berkembang.

BACA JUGA:Volkswagen Indonesia Pamer ID. Buzz di Jogja Volkswagen Festival 2025

Kolaborasi ini terwujud melalui tiga pilar utama yaitu, Live Painting Collaboration, setelah memulai perjalanannya di Jogja Volkswagen Festival 2025, kolaborasi ini berlanjut di GIIAS 2025. Dua IP (Intellectual Property) Creator lokal binaan EKRAF, yakni Beemala dan Tenka Street, menuangkan karya mereka langsung di bodi ID. Buzz menjadikan kendaraan ini bukan sekadar simbol mobilitas masa depan, tetapi juga medium ekspresi seni. Sepanjang GIIAS 2025, para seniman akan melakukan proses live painting di booth Volkswagen, sementara hasil akhirnya akan diperkenalkan secara resmi pada 1 Agustus 2025.

Design Competition, ajang kompetisi desain bagi seniman muda binaan EKRAF untuk menciptakan desain khas ID. Buzz Pemenang kompetisi akan diumumkan menjelang akhir 2025.

Dan EKRAF Corner, sebuah platform di booth Volkswagen yang menampilkan karya Beemala dan Tenka Street, sekaligus menjadi momentum pertemuan kreator dengan khalayak luas.

BACA JUGA:Volkswagen Indonesia Resmikan Penyerahan ID. BUZZ di Bandung, Bawa Semangat Baru Mobilitas Ramah Lingkungan

“Kolaborasi Volkswagen dengan IP Beemala Tenka yang seperti hidden gem jadi contoh kolaborasi kreatif lintas sektor, termasuk dengan otomotif. Sebagai The New Engine of Growth, Kementerian EKRAF akan terus membawa kolaborasi nyata, membawa pejuang kreatif untuk dikenal dan berdampak di nasional hingga kancah global,” ujar Irene Umar, Wakil Menteri Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

“Volkswagen percaya, kolaborasi bukan sekadar menghadirkan karya, tetapi juga menjadi gerakan budaya yang mempersatukan komunitas dan membuka ruang bagi kreativitas generasi muda,” tambah Head of Sales & Marketing Volkswagen Indonesia, Ahmad Badawi, di GIIAS, Rabu (23/7/2025).

Di GIIAS 2025, Volkswagen Indonesia juga menampilkan ID. Buzz varian khusus dengan opsi personalisasi, menginspirasi publik untuk melihat kendaraan sebagai perpanjangan karakter dan gaya hidup, mulai dari pilihan warna hingga modifikasi eksterior dan interior (Swivel Seats).

Volkswagen Indonesia juga turut menghadirkan penawaran eksklusif untuk ID. Buzz selama GIIAS berlangsung diantaranya.

- Program pembiayaan 0% hingga 1 tahun

- Bonus Wall & Portable Charger

Tag
Share
Berita Lainnya