GIIAS 2025 Catatkan Sejarah Kepesertaan Terbanyak dan Terlengkap

GIIAS 2025 Catatkan Sejarah Kepesertaan Terbanyak dan Terlengkap

GIIAS 2025. (Seven Event)--

JURNALISID.COM - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 akan kembali digelar pada 24 Juli hingga 3 Agustus 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kabupaten Tangerang. Menjadi penyelenggaraan yang ke-32 kalinya, GIIAS tahun ini mencatat rekor sebagai pameran otomotif terlengkap yang pernah dihadirkan oleh Gaikindo.

Industri otomotif Indonesia terus menjaga perkembangannya sebagai pilar ekonomi nasional sekaligus motor pertumbuhan Industri manufaktur. Dalam catatan pemerintah RI, periode 2020–2024, realisasi investasi di sektor otomotif telah mencapai lebih dari 150 triliun rupiah. 

Capaian ini menunjukkan kepercayaan yang besar dari pelaku industri global terhadap potensi pasar Indonesia, serta kesiapan ekosistem otomotif nasional untuk terus berkembang. Hal ini juga tercermin pada penyelenggaraan GIIAS 2025, yang berhasil menjadi penyelenggaraan pameran otomotif dengan variasi terlengkap.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, menyampaikan bahwa GIIAS menjadi refleksi nyata dari arah industri otomotif Indonesia yang terus bertumbuh. 

“Kami melihat angka investasi yang signifikan dalam lima tahun terakhir, dan itu menjadi sinyal bahwa Indonesia tidak lagi hanya dilihat sebagai pasar, tetapi sebagai bagian penting dari rantai pasok dan inovasi global. Dan GIIAS akan menjadi panggung utama untuk memperlihatkan bahwa industri otomotif Indonesia terus tumbuh dan siap berkembang,” tegas Nangoi, dalam keterangan resminya, Sabtu (21/6/2025).

Dalam beberapa tahun terakhir juga, produsen otomotif dari berbagai negara seperti Jepang, Korea, Eropa, Amerika Serikat, China, hingga Vietnam, terus menunjukkan komitmen terhadap pasar Indonesia melalui peluncuran produk baru, pembangunan jaringan penjualan, hingga investasi fasilitas produksi. 

“Kehadiran berbagai merek dari seluruh penjuru dunia ini menjadikan GIIAS sebagai pameran otomotif yang tidak hanya besar dan lengkap, dipastikan GIIAS juga akan menjadi ajang pilihan merek-merek kendaraan tersebut untuk meluncurkan serta memperkenalkan produk dan teknologi terkininya,” lanjut Nangoi.

Lebih Dari 60 Merek Otomotif Hadirkan Puluhan Launching

GIIAS 2025 kembali menegaskan posisinya sebagai pameran otomotif terbesar dan paling komprehensif dunia diluar China. Tahun ini, GIIAS akan menghadirkan lebih dari 60 merek otomotif dunia, memenuhi hall 1 hingga hall 11 di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang.

Sebanyak 39 merek kendaraan penumpang siap unjuk gigi di GIIAS 2025 yakni: Aletra, Audi, BAIC, BMW, BYD, Chery, Chery Lepas, Citroen, Daihatsu, Denza, DFSK, Ford, GAC AION, Geely, GWM, Honda, Hyundai, Jaecoo, Jeep, Jetour, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Polytron, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, Wuling dan X- Peng.

Sedangkan dari merek kendaraan komersial hadir 4 merek yang bergabung pada gelaran GIIAS 2025 yaitu : Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks. Enam belas merek sepeda motor juga akan hadir di GIIAS 2025, Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Dubbs, Exotic, Harley Davidson, Kupprum, Moto Guzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Scomadi, U-Winfly, Vespa dan Wedison.

Selain itu, empat merek karoseri juga hadir pada GIIAS 2025, yakni Adiputro, Laksana, New Armada, dan Tentrem. Serta ratusan merek dari industri pendukung otomotif lainnya yang siap menampilkan inovasi dan teknologi terkini

Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2025, Rizwan Alamsjah, menyampaikan bahwa tahun ini GIIAS kembali pecahkan rekor kepesertaan, kehadiran lebih dari 60 merek otomotif dunia menjadi pencapaian luar biasa bagi GIIAS tahun ini. 

“Pada GIIAS 2025, kami bangga dapat menghadirkan sebelas merek yang baru pertama kali bergabung di GIIAS, serta menyambut kembali beberapa merek yang sempat vakum dan kini kembali berpartisipasi. Hal ini menunjukkan bahwa GIIAS terus dipercaya sebagai platform strategis untuk memperkenalkan inovasi dan menjangkau konsumen otomotif Indonesia secara langsung,” ungkap Rizwan. 

Tag
Share
Berita Lainnya