Mengenal Lebih Dekat Fasilitas Pabrik Daihatsu di Karawang

Mengenal Lebih Dekat Fasilitas Pabrik Daihatsu di Karawang

Pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat.-DOK.ADM-

JURNALISID.COM --- Sebagai agen pemegang merek (APM) Daihatsu di Indonesia yang didirikan sejak 1978, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merupakan manufaktur otomotif sekaligus salah satu produsen mobil terbesar di Indonesia. 

ADM menjadi basis produksi mobil dan komponen untuk merek Daihatsu dan Toyota di luar Jepang. Sejak berdiri 46 tahun lalu hingga kini, ADM telah mencapai produksi lebih dari 8 juta unit untuk pasar domestik dan global. 

Secara fasilitas, ADM memiliki dua pabrik perakitan yakni di Sunter, Jakarta, dan Karawang, Jawa Barat. Salah satu fasilitas terkini ADM ialah pabrik perakitan Karawang Assembly Plant berlokasi di Kawasan Industri Surya Cipta, Karawang Timur. 

Pabrik ini beroperasi sejak 2012, dan berdiri di atas lahan seluas lebih dari 90 hektare. Pabrik Daihatsu di Karawang ini mampu memproduksi mobil dengan kapasitas hingga mencapai 200 ribu unit per tahun.

Pabrik ADM di Karawang memiliki fasilitas terintegrasi menggunakan teknologi robotik terkini yang mampu melakukan semua proses produksi kendaraan roda empat dengan menerapkan konsep SSC (simple, slim, and compact).

BACA JUGA: GIIAS Semarang Jadi Momen bagi Daihatsu Perkuat Komitmen Tanggung Jawab Sosial di Jawa Tengah

ADM berkomitmen mendukung program pemerintah melalui carbon neutral dalam mengurangi emisi karbon dengan menerapkan proses produksi yang modern dan ramah lingkungan. 

Komitmen ini juga diwujudkan dengan implementasi pemasangan panel surya sebelumnya yang dimulai pada 2019 berawal dari fasilitas Parts Center Cibitung, disusul pabrik di Karawang yang akan berlangsung hingga saat ini. 

Pabrik Daihatsu akan memiliki total kapasitas sebesar 12,5 MW yang mampu mengurangi lebih dari 17.000 ton emisi CO2 atau setara dengan memberikan listrik bersih untuk lebih dari 1,5 juta rumah.

Pada proses pembuatan mobil, Daihatsu mengawalinya dari Press Shop, yaitu dimulai dari lempengen besi yang dicetak dengan mesin cetak ribuan ton untuk membuat bodi mobil utuh. 

BACA JUGA: Hingga Kuartal 3-2024, Daihatsu Sigra Tetap Jadi Mobil LCGC Pilihan Utama Masyarakat Indonesia

Pada saat yang sama, pembuatan mesin mobil juga dilakukan di Casting Shop. Di sini, blok mesin dibuat dari alumunium cair yang dicetak dengan mesin berteknologi tinggi, dengan tingkat presisi yang sempurna. 

Setelah itu, blok mesin yang sudah jadi dan telah dilakukan tes kualitas, dibawa ke Engine Shop untuk dirakit menjadi mesin mobil yang siap digunakan. 

Dengan teknologi baru Daihatsu ini, mesin yang sudah dirakit dengan ketelitian tinggi, sehingga tidak perlu dipanaskan sebelum dijalankan. 

Sumber: pt astra daihatsu motor