Lolos Uji Laik Fungsi dan Operasi, PT JMJ Pastikan Keamanan Jalan Tol Jogja-Solo Tahap I Segmen Kartasura-Klaten

Lolos Uji Laik Fungsi dan Operasi, PT JMJ Pastikan Keamanan Jalan Tol Jogja-Solo Tahap I Segmen Kartasura-Klaten

Jalan Tol Jogja-Solo ruas Kartasura-Klaten.-DOK.JMJ-

JurnalisID - PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), selaku pengelola Jalan Tol Jogja-Solo, memastikan bahwa infrastruktur tol tersebut aman digunakan oleh pengguna jalan. 

Setelah melalui rangkaian uji laik fungsi yang dilaksanakan sejak 11 hingga 13 September 2024, Jalan Tol Jogja-Solo resmi mendapatkan Sertifikat Laik Fungsi dan Sertifikat Laik Operasi yang menjadi bukti bahwa jalan tol ini telah memenuhi standar keselamatan, teknis, dan operasional yang ditetapkan oleh Bina Marga, Kementerian Perhubungan, serta Korps Lalu Lintas Polri.

Direktur Utama PT JMJ, Rudy Hardiansyah, menegaskan, uji laik fungsi ini merupakan langkah krusial untuk memastikan bahwa Jalan Tol Jogja-Solo Tahap 1 Segmen Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 kilometer kini telah memenuhi seluruh spesifikasi teknis yang diperlukan. 

"Jalan Tol Jogja-Solo Tahap 1 Segmen Kartasura-Klaten telah melalui seluruh tahapan penilaian laik fungsi secara teknis, administratif, dan sistem operasi tol. Proses ini dilakukan oleh instansi berwenang, dan setelah lolos uji, tarif tol akan ditetapkan melalui Keputusan Menteri PUPR sesuai dengan peraturan yang berlaku," ujar Rudy.

Rudy juga menjelaskan bahwa selama proses konstruksi, kontraktor dan konsultan pengawas telah melakukan serangkaian pengujian teknis untuk memastikan mutu beton, serta pemenuhan standar desain yang direncanakan. 

Baca juga: H-1 Libur Panjang Terpantau Masih Terjadi Peningkatan Lalin di Ruas Tol Metropolitan

Setelah melewati 3 tahun masa pembangunan, Jalan Tol Jogja-Solo Tahap 1 Segmen Kartasura-Klaten kini siap beroperasi dengan kondisi infrastruktur yang memenuhi standar keselamatan.

"Dengan mempertimbangkan perubahan alami akibat suhu, cuaca, dan beban kendaraan, kami tetap memastikan bahwa kualitas beton dan infrastruktur jalan tol ini tetap terjaga. Pemeriksaan secara berkala juga akan terus dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," tambah Rudy.

Untuk menjaga keamanan dan kualitas layanan, PT JMJ melakukan pemeriksaan rutin terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM). 

Pemeriksaan ini mencakup kondisi jalan tol, kecepatan tempuh rata-rata, aksesibilitas, mobilitas, keselamatan, hingga pelayanan pertolongan dan penyelamatan di sepanjang koridor jalan tol. Langkah ini merupakan komitmen PT JMJ dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna Jalan Tol Jogja-Solo.

PT JMJ juga mengimbau pengguna jalan untuk selalu memastikan kendaraan dalam kondisi prima, saldo uang elektronik cukup, dan mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan. Penting untuk berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas, terutama di sekitar lokasi konstruksi yang masih berlangsung.

Jika membutuhkan bantuan atau informasi lebih lanjut mengenai Jalan Tol Jogja-Solo, pengguna jalan dapat menghubungi One Call Center 24 jam di nomor 14080 atau menggunakan aplikasi Travoy yang tersedia untuk pengguna iOS dan Android. (Atn)

Sumber: