Sistem Setir Mobil Anda Bermasalah? Berikut 5 Cara Mengatasinya

Sistem Setir Mobil Anda Bermasalah? Berikut 5 Cara Mengatasinya

Ilustrasi setir mobil-istimewa-google

JurnalisID - Setir kemudi menjadi instrumen terpenting untuk mengendalikan kendaraan agar berjalan lancar dan sempurna. Namun, seiring usia kendaraan, sistem setir kemudi tak terlepas dari berbagai masalah. 

Hal ini tentu saja akan mengganggu konsentrasi pengemudi dalam berkendara. Berikut ada lima cara yang dapat mengatasi sistem setir kemudi bermasalah seperti setir yang tidak stabil dan juga oblak, seperti dibagikan Suzuki dalam laman resminya.

1. Perawatan sistem rem secara rutin dan berkala

Rem yang aus atau cakram rem yang tidak rata bisa membuat setir mobil terasa bergetar dan sulit dikendalikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memeriksa kondisi sistem pengereman secara rutin dan berkala.

Pastikan kampas rem dan cakram rem mobil dalam kondisi baik. Jika ditemukan keausan atau kerusakan, segera lakukan penggantian dengan suku cadang asli dan berkualitas tinggi.

Dengan merawat sistem rem, pemilik kendaraan tak hanya memperpanjang umur komponen rem, tetapi juga memastikan setir komponen tetap stabil dan terasa nyaman saat berkendara.

2. Cek kondisi komstir

Jika penyebab kemudi mobil terasa oblak, itu bisa disebabkan komstir yang mengendur atau rusak,  solusinya adalah memeriksa dan merawat kondisi komstir atau steering head.

Komstir yang mengendur sebenarnya masih bisa diperbaiki di bengkel, namun jika kerusakannya parah, kemungkinan Anda harus menggantinya dengan yang baru.

3. Periksa dudukan baut setir

Sebelumnya disebutkan pemilik kendaraan dapat memeriksa sendiri apakah baut dudukan setir sudah terpasang dengan benar atau masih dalam kondisi longgar. Namun jika ragu, ada baiknya untuk memeriksa langsung baut dudukan setir ke bengkel resmi.

Jika ditemukan baut yang longgar, Anda juga bisa mengencangkannya sendiri tanpa harus pergi langsung ke bengkel. Tapi agar hasilnya lebih maksimal, pemilik bisa meminta tenaga profesional untuk melakukannya.

4. Lakukan spooring dan balancing

Spooring dan penyeimbangan proses penting untuk memastikan roda mobil tetap stabil dan tidak mempengaruhi stabilitas sistem setir. Pasalnya, roda mobil yang tidak seimbang bisa membuat setir mobil bergetar atau terasa longgar, terutama saat melewati jalan yang rusak.

Sumber: