Hey Gen Z, Ini Tips Penting buat Kamu dalam Memilih Mobil Pertama

Hey Gen Z, Ini Tips Penting buat Kamu dalam Memilih Mobil Pertama

Ilustrasi Gen Z-Istimewa-

JurnalisID -  Memiliki mobil pertama menjadi salah satu pencapaian besar bagi Gen Z, generasi yang kini tengah meniti karier dan dalam fase membangun aset berharga. 

Kondisi ini menjadikan Gen Z sebagai pasar potensial bagi pelaku industri otomotif karena populasinya dan purchasing power yang kian meningkat. Mereka memiliki preferensi memilih mobil yang mengedepankan inovasi, sustainability, dan mampu merepresentasikan identitasnya.

Lantas, bagaimana memilih mobil pertama untuk para Gen Z, berikut produsen ban global asal Korea Selatan Hankook Tire membagikan tipsnya.

1. Tentukan budget yang sesuai dengan kemampuan finansial, terutama bagi yang baru merintis karier 

Bagi Gen Z yang ingin mengambil skema kredit, disarankan agar alokasi cicilan tidak melebihi 30% dari total gaji. Lebih baik sediakan uang muka (DP) yang besar untuk menghindari cicilan jangka panjang dan total bunga yang tinggi. 

Selain harga mobil, perhatikan biaya lainnya seperti pajak tahunan yang nilainya bervariasi berdasarkan tipe kendaraan, kapasitas mesin, dan usia kendaraan serta biaya perawatan rutin seperti penggantian oli setiap 6 bulan atau ketika mobil telah menempuh 10.000 km. Jika memilih skema kredit, asuransi umumnya sudah termasuk dalam paket cicilan tersebut.

2. Sesuaikan dengan rutinitas dan gaya hidup

Bagi yang mengutamakan kemudahan berkendara di dalam kota, mobil jenis hatchback atau city car menjadi pilihan yang ideal. Dengan profil yang ramping dan dimensi yang kecil, kedua varian ini menawarkan kemudahan parkir dan kelincahan bermanuver di dalam kota.

Bagi yang suka berpetualang ke alam terbuka dengan kontur jalan yang menantang, jenis SUV atau crossover akan mengakomodasi kebutuhan itu. Dengan ground clearance yang tinggi dan bagasi yang luas, kedua varian tersebut menawarkan fleksibilitas jelajah di segala medan. Jenis crossover juga cocok digunakan di dalam kota karena menggunakan struktur monokok, di mana sasis terintegrasi dengan rangka body.

Sementara bagi yang mencari mobilitas ekonomis dan ramah lingkungan, LCGC merupakan pilihan cocok untuk keperluan sehari-hari karena irit bahan bakar dan harga yang terjangkau. Mobil ini tetap menawarkan kenyamanan dan fitur yang memadai untuk kebutuhan yang dinamis.

3. Durabilitas pemakaian jangka panjang (longevity) 

Pilihlah mobil pertama dengan mesin yang kuat dan tahan lama agar dapat digunakan dalam jangka panjang. Pastikan mobil tersebut memiliki suku cadang yang mudah ditemukan di pasaran. 

Jika memilih mobil bekas, perhatikan juga jumlah kilometer yang sudah ditempuh dan service record dari pemilik sebelumnya. Memilih mobil dengan mesin yang andal akan mengurangi biaya perawatan dan menjaga nilai jualnya, yang berguna jika nantinya ingin menggantinya dengan model mobil yang lebih tinggi.

4. Pilih mobil yang memiliki fitur dan teknologi pendukung yang menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara 

Sumber: