GWM Pimpin Pasar Global dengan Persaingan yang Terdiferensiasi

GWM Pimpin Pasar Global dengan Persaingan yang Terdiferensiasi

Kinerja penjualan GWM.-DOK.GWM-

JurnalisID - Great Wall Motors (GWM) baru saja mencatatkan pencapaian mengesankan yaitu catatan pertumbuhan penjualan yang pesat di pasar luar China. Pertumbuhan penjualan itu turut didorong oleh lini produk unggulan GWM sehingga menunjukkan masa depan yang menjanjikan atas strategi GWM yang terdiferensiasi untuk pasar global di luar China.

Penjualan GWM di luar China dari Januari hingga Juni telah mencapai 201.500 unit, dengan pertumbuhan year-on-year sebesar 62,59%. Pada Juni, 38.104 unit telah terjual, mencetak rekor tertinggi dalam volume penjualan di luar China dalam satu bulan.  

Seiring dengan penjualan global yang meningkat pesat, GWM juga diproyeksikan akan mencatat laba bersih antara 6,5 hingga 7,3 miliar yuan atau sekitar Rp14.3 triliun-Rp16 triliun periode paruh pertama 2024. 

Ini merupakan peningkatan sebesar 377,49% hingga 436,26% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Jika dikurangi non-recurring profit, laba bersih diperkirakan mencapai 5 hingga 6 miliar yuan atau sekitar Rp11 triliun-Rp13 triliun, naik 567,13% hingga 700,56%. Kenaikan ini terjadi karena GWM terus melakukan terobosan inovasi dan penyempurnaan pada lini produknya. Pertumbuhan produk saat ini didorong oleh kesuksesan model-model unggulan dan inovasi teknologi.

Parker Shi, President GWM International, mengatakan, GWM adalah pendukung globalisasi. Pihaknya pun berkomitmen kuat terhadap pengembangan pasar luar negeri dalam jangka panjang. 

"Pasar internasional adalah area yang luas, di mana perubahan di lingkup lokal tidak mampu mengubah arus besar globalisasi. Di saat bersamaan, dalam menghadapi peningkatan ketegangan geopolitik di beberapa negara, GWM fokus pada pengelolaan risiko dan mengembangkan pendapatan melalui bisnis bernilai tinggi, sembari mengikuti serangkaian persaingan di berbagai lini agar dapat beradaptasi dengan lebih baik menghadapi dinamika pasar yang terus berubah," ujarnya.

Untuk menjalankan strategi pengembangan global yang berkelanjutan, GWM secara aktif mendorong pembangunan lokalisasi kapasitas produksi, yaitu bertransformasi dari pengembangan produk dan perdagangan menjadi pengembangan manufaktur, sehingga secara bertahap membentuk pola produksi lokal 1+3+N (Chinese factory + three overseas factories + multiple KD factories). 

Selain tiga pabrik utama yang memfasilitasi proses produksi secara penuh di luar China, GWM juga  telah berhasil menjalankan beberapa proyek fasilitas perakitan di luar Tiongkok untuk menambah kapasitas produksi. 

Setelah proyek fasilitas pabrik perakitan di Ekuador, Pakistan, Uzbekistan, dan Ghana mulai beroperasi, beberapa proyek di Indonesia, Malaysia, dan negara lain juga akan mulai beroperasi di tahun ini. Proyek-proyek ini tidak hanya menciptakan lapangan kerja lokal tetapi juga memperluas jaringan produksi GWM di luar negeri, serta secara lebih baik memenuhi kebutuhan konsumen di pasar global di luar China.

Dalam hal produk, GWM menyesuaikan portofolio produknya dengan kondisi lokal. Saat ini, GWM telah mencapai tata letak produk dengan berbagai sumber energi, sumber tenaga, dan kategori, menanggapi tuntutan yang semakin tinggi bagi perusahaan otomotif untuk mendunia di era baru. Hal ini telah mempercepat laju pengenalan produk baru dan pengembangan pasar baru.

Sebagai contoh, GWM Haval Jolion Pro baru-baru ini diluncurkan secara resmi di Australia, Afrika Selatan, dan Arab Saudi. Sebagai SUV perkotaan yang dinamis dan berjiwa muda, model ini menampilkan pengalaman teknologi dan kualitas berkendara yang mumpuni. Pada 29 Juni, Haval Dargo diluncurkan di Uzbekistan dan menjadi model keempat dari merek Haval GWM di Uzbekistan dan juga SUV off-road ringan pertama. Model ini tidak hanya memenuhi pengalaman mewah berkendara di perkotaan, tetapi juga menjadi pilihan terbaik untuk aktivitas luar ruangan dan off-road.

Pada 2 Juli, GWM membuka flagship store nya di Doha, ibu kota Qatar, dan meluncurkan  pembaharuan brand image, store image, dan model kendaraan unggulan untuk keluarga. Selain itu, GWM Tank 300 diluncurkan secara resmi di Malaysia. Sebagai SUV off-road pertama yang diluncurkan oleh GWM di pasar Malaysia, Tank 300 telah memberikan pengalaman berkendara off-road mewah yang lengkap untuk media, KOL, mitra dealer, dan konsumen di Malaysia melalui kegiatan uji coba berkendara di M4TREC Malaysia 4WD Training Experience Center. Model ini telah memperoleh sambutan yang besar atas performa yang luar biasa.

GWM telah menetapkan target penjualan luar Tiongkok sebesar 500.000 unit di tahun ini. Secara keseluruhan, ekspor GWM telah memasuki periode pengembangan dan pencapaian hasil berkualitas tinggi. Melihat total volume penjualan tahun lalu dan momentum pertumbuhan saat ini, ada alasan yang  kuat bahwa  GWM akan mencapai target pertumbuhan global pada  2024. (Atn)

 

Sumber: