Honda Saloon dan Honda Space Hub Raih Red Dot Design Award 2024

Honda Saloon dan Honda Space Hub Raih  Red Dot Design Award 2024

Honda Space Hub.-DOK.HONDA-

JurnalisID – Honda Saloon dan Honda Space Hub berhasil meraih penghargaan dari Red Dot Design Award 2024 pada Rabu (31/7). Honda Saloon berhasil meraih penghargaan Best of the Best Award, dan Honda Space Hub sukses menyabet Red Dot Award.

Honda Saloon dan Honda Space Hub merupakan model konsep terbaru Honda yang termasuk ke dalam Honda 0 Series. Kedua produk itu diperkenalkan pertama kali di dunia pada ajang Consumer Electrics Show (CES) 2024 pada Januari lalu di Amerika Serikat. Kedua model ini rencananya akan diluncurkan pada 2026 secara global dimulai dari kawasan Amerika Utara.

Berdasarkan konsep desain Honda 0 Series, 'The Art of Resonance', desain eksteriornya menampilkan proporsi yang berani dan murni, membangkitkan perspektif baru pada pandangan pertama. Kedua model konsep terbaru dari Honda ini menampilkan Human Machine Interface (HMI) yang sederhana dan intuitif, dan pada saat yang sama, konsep Man Maximum/Machine Minimum yang disesuaikan dengan era EV untuk mewujudkan pengalaman yang luar biasa. Ruang kabin dibuat besar untuk menghadirkan kebebasan yang tinggi serta kenyamanan penumpang yang luar biasa.

Honda Saloon menjadi model konsep andalan dari Honda 0 Series, yang mewujudkan pendekatan baru terhadap pengembangan kendaraan listrik Honda yaitu 'Thin, Light, and Wise' yang diupayakan Honda untuk menciptakan nilai baru bagi kendaraan listrik. Tampilan mobil ini sporty sehingga membedakannya dengan model kendaraan listrik pada umumnya. Kemudian interiornya menawarkan ruang kabin yang luas, futuristik serta istimewa sehingga memberi kenyamanan bagi penggunanya.

Honda Space-Hub memiliki kabin yang luas dan visibilitas yang sangat baik berdasarkan pendekatan pengembangan Honda 0 Series. Ruang kabinnya yang fleksibel sehingga dapat mengakomodasi aktivitas penggunanya dan menjadi tempat untuk menghubungkan antarindividu serta masyarakat.

Toshinobu Minami, Managing Director, Chief Design Officer, Design Center, Honda R&D Co Ltd, mengatakan, pihaknya bangga mendapat penghargaan dari Red Dot yang merupakan ajang penghargaan kelas dunia dalam kategori konsep desain. 

"Penghargaan yang kami terima bukan sekadar Best of the Best, namun model ini mewakili transformasi besar Honda, dengan tema untuk mencapai resonansi dengan lingkungan, masyarakat dan pelanggan. Kami yakin penghargaan ini merupakan hasil penilaian tinggi baik terhadap desain maupun nilai baru yang ditawarkan Honda. Honda akan terus menciptakan dan menawarkan produk mobilitas yang menghadirkan kejutan dan kegembiraan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat," ujar Toshinobu Minami.

Produk Honda secara konsisten telah berhasil meraih penghargaan dari Red Dot Design Award sejak 2020. Untuk produk mobil Honda bahkan telah meraih penghargaan dari Red Dot sejak 2001 untuk Honda S2000, 2006 untuk Honda Civic, 2020 untuk Honda e, 2022 untuk Honda HR-V, dan 2023 untuk Honda Civic Type R dan Civic e:HEV.

Penghargaan Red Dot dimulai pada 1955 dan telah menjadi salah satu penghargaan desain bergengsi tahunan di dunia. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Design Zentrum Nordrhein Westfalen di Essen, Jerman. Ajang ini memberikan penghargaan untuk desain produk dan inovasi terbaik yang terbagi menjadi total 51 kategori. Setiap kategori itu dinilai berdasarkan sembilan kriteria, di antaranya tingkat inovasi, fungsionalitas, daya tahan, dan ergonomi.

Honda S2000, Honda Civic, dan Honda e sebelumnya meraih penghargaan best of the Best dari Red Dot Design Award di 2001, 2006, dan 2020.

Honda HR-V, Honda Civic Type R dan Honda Civic e:HEV meraih penghargaan Best Design Award dari Red Dot Design Award di 2022 dan 2023. (Ant)

Sumber: