Tips Mencegah Ban Overheating Saat Puncak Musim Kemarau

Tips Mencegah Ban Overheating Saat Puncak Musim Kemarau

Ban Hankook Ventus 1 Evo3.-DOK.HAN-

Pastikan ban yang digunakan sesuai dengan fungsinya. Misalnya, ban yang dirancang untuk jalan aspal tidak seharusnya digunakan di jalan non aspal. Hal ini dapat mengurangi traksi dan meningkatkan risiko ban spinning, yang pada akhirnya menyebabkan keausan tidak normal. Begitu juga dengan ban tipe M/T yang dirancang untuk off-road, jika digunakan di jalan aspal atau beton, akan mengalami keausan abnormal. Penggunaan ban yang tidak sesuai ini dapat mengurangi umur dan performa ban secara signifikan.

"Keausan ban yang tidak merata sering kali menjadi penyebab utama insiden pecah ban, oleh karena itu, penting untuk memilih ban dengan teknologi terbaik. Hankook hadir dengan teknologi VAI (Visual Alignment Indicator) yang memungkinkan pengendara untuk secara mudah mendeteksi keausan tidak merata pada ban mereka. VAI bekerja melalui dua pasang lubang kecil di kedua sisi luar telapak ban, serta membantu memantau masalah keseimbangan ban," jelas Billy Cahyadi.

Hankook menawarkan line up ban musim panas unggulan, seperti Hankook Ventus S1 Evo 3, yang dilengkapi dengan aramid reinforcement belt untuk meningkatkan handling hingga 15% dan mengurangi keausan tidak merata meskipun menanggung beban besar. Ban ini memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan sporty berkat daya cengkram kering yang optimal. Selain itu, ban ini juga menyediakan efisiensi energi yang tinggi dengan mengurangi konsumsi bahan bakar dan kebisingan saat berkendara.

Untuk kendaraan SUV, Hankook menyediakan Ventus S1 Evo 3 SUV, yang meraih posisi kedua dalam Uji Ban SUV Auto Express 2022 dengan predikat 'direkomendasikan'. Ban SUV ini menawarkan peningkatan signifikan dalam kekuatan dinding samping berkat teknologi bead packing dan penggunaan bahan nilon khusus di area tersebut. 

Dengan karkas dua lapis dan bahan komposit aramid, ban ini mengurangi perluasan yang tidak diinginkan dari hambatan gulir hingga 60% pada kecepatan tinggi jika dibandingkan dengan pola sebelumnya. Hal ini menghasilkan stabilitas mengemudi yang tinggi, presisi kemudi yang optimal, serta peningkatan daya tahan melalui pengurangan panas secara keseluruhan.

Sebagai pemimpin industri global, Hankook Tire terus mengedepankan Research and Development (R&D) untuk menciptakan teknologi dan inovasi dalam berkendara di segala kondisi jalan. Untuk mendukung kenyamanan dan keamanan berkendara, Hankook Tire menyediakan layanan aftersales untuk pelanggan berkonsultasi mengenai kondisi kendaraan dan pemilihan ban yang sesuai. Pelanggan dapat dengan mudah menemukan seluruh line up ban Hankook di jaringan Hankook Master dan retail terdekat di seluruh Indonesia. (Atn)

Sumber: