Pascal Wehrlein Raih Gelar Juara Dunia Formula E 2024 di Hankook London E-Prix

Pascal Wehrlein Raih Gelar Juara Dunia Formula E 2024 di Hankook London E-Prix

Kejuaraan balap mobil listrik Formula E 2024.-DOK.HANKOOK-

JurnalisID - Pascal Wehrlein dari  tim TAG Heuer Porsche berhasil meraih juara dunia pertamanya dalam ajang balap mobil listrik Formula E di Hankook London E-Prix. 

Ajang balap London E-Prix ini merupakan seri penutup Formula E musim 2024. Pebalap 29 tahun ini berhasil tampil konsisten selama 16 balapan di musim ini dengan lima kali naik podium, tiga di antaranya sebagai pemenang utama balapan. 

Pebalap Porsche itu meraih poin di hampir semua balapan sepanjang musim. Pada musim ini, Jaguar TCS keluar sebagai juara tim, sedangkan Porsche mengakhiri musim sebagai pabrikan teratas.

"Ini sulit dipercaya. Selama berminggu-minggu, saya selalu berkata pada diri saya sendiri, bahwa saya bisa melakukannya. Akhir pekan ini sungguh luar biasa. Kami memiliki catatan waktu yang baik. Mengenai ban, saya tidak punya keluhan sama sekali. Ban ini memiliki performa yang luar biasa sejak pemanasan, kualifikasi, hingga balapan. Saya sangat puas dengan ban ini," ujar Wehrlein. 

Pada Sabtu (20/7), Wehrlein berhasil keluar sebagai juara pada round pertama dari seri double-header terakhir di 2024, diikuti Mitch Evans (Jaguar TCS Racing) dan Sebastien Buemi (Envision Racing) masing-masing di posisi kedua dan ketiga. 

Sementara pada balapan kedua Minggu (21/7), Oliver Rowland (Nissan Formula E Team) berhasil menjadi juara, diikuti Wehrlein dan Evans di posisi kedua dan ketiga. 

Manajemen Hankook Tire turut serta untuk naik ke podium memberikan trofi kejuaraan kepada pemenang. Pada Sabtu, President and COO Hankook Tire Eropa, Sanghoon Lee, memberikan trofi kemenangan kepada Wehrlein yang menjadi juara dan Minggu, Senior Director Motorsport Hankook, Manfred Sandbichler, memberikan trofi runner-up kepada sang juara dunia Formula E-Prix musim ini Wehrlein.

Kesuksesan seperti ini terbilang langka dalam olahraga motorsport di seluruh dunia. Sejak berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia Formula E pada 2022, Hankook melalui produk unggulannya, Hankook iON Race, belum pernah mengalami mengalami insiden kecelakaan yang disebabkan oleh ban. 

"Kami sangat senang atas performa ban Hankook iON Race yang mengesankan di Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA. Ban ini mampu bertahan dalam beragam jenis sirkuit, permukaan, dan suhu dalam 24 bulan sejak melakukan debut pertama kalinya di Valencia E-Prix. Ban ini memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa dan secara konsisten memberikan daya cengkeram yang tinggi. Dalam 32 balapan, 32 sesi kualifikasi, dan 55 latihan bebas, tidak ada satu pun kecelakaan yang diakibatkan karena masalah pada ban. Hal ini sangat mengesankan," ujar Sandbichler, Hankook Senior Director Motorsport, dalam konferensi pers di Hankook London E-Prix. 

Sebanyak 25 perwakilan media internasional juga mendapatkan informasi tentang pengembangan lebih lanjut dari ban Hankook iON Race. Mulai musim depan, Gen3 Evo yang telah dimodifikasi akan digunakan.

"Saya baru saja mengendarai mobil baru dengan ban Hankook iON Race yang baru, dan saya merasakan daya cengkeram yang lebih besar. Kami akan melihat catatan waktu yang lebih baik. Ini adalah sebuah kemajuan yang luar biasa," kata pebalap Maserati MSG Racing, Maximilian Gunther dengan penuh kesan.

"Masukan seperti ini sangat penting bagi kami. Karena pada akhirnya, para pebalap lah yang akan mengandalkan produk kami di lintasan," ujar Hankook Race Tire Engineer, Thomas Baltes.

Sebanyak 100 tamu dari Hankook hadir di sirkuit untuk menyaksikan langsung grand final Formula E 2024 di London. Mereka berasal dari Inggris Raya, Polandia, Turki, dan Hungaria, serta termasuk para pemenang Hankook Competition yang diikuti 50.000 penggemar. Bersama dengan keluarga, mereka berkesempatan untuk melihat lebih dekat di balik layar Formula E dan mitra teknisnya, Hankook Tire. 

"Semua tamu kami merasa senang selama di Hankook London E-Prix. Mereka mendapat kesempatan mengikuti tur garasi eksklusif dan sesi meet and greet dengan orang-orang yang terlibat dalam balapan Formula E. Acara yang paling menarik adalah grid walk sesaat sebelum balapan, di mana para tamu dapat melihat para pembalap dan mobil mereka dari dekat," ujar Filip Pawelka, Director Marketing Communications Hankook Eropa. (Atn)

Sumber: