Spanyol Kampiun Euro 2024, Rodri Dinobatkan sebagai Pemain Terbaik

Spanyol Kampiun Euro 2024, Rodri Dinobatkan sebagai Pemain Terbaik

Timnas Spanyol juara Euro 2024.-DOK.UEFA-

JurnalisID - Spanyol meraih gelar juara Euro 2024 setelah mengalahkan Inggris 2-1 pada partai final di  Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7) dini hari WIB.

Kemenangan Spanyol hadir berkat gol-gol yang diciptakan Nico Williams dan Mikel Oyarzabal, sedangkan Inggris sempat menyamakan skor melalui Cole Palmer.

Ini merupakan gelar Piala Eropa keempat bagi tim Matador setelah meraih mahkota juara pada 1964, 2008, dan 2012. Itu menjadikan mereka pemegang gelar Euro terbanyak sepanjang sejarah, melewati Jerman yang memiliki tiga gelar.

Sementara bagi Inggris, kekalahan ini merupakan kegagalan kedua pada partai puncak Euro secara beruntun, setelah pada 2020 dikalahkan Italia lewat drama adu penalti.

Pada babak pertama, Spanyol mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan memberikan ancaman lewat tendangan Nico Williams yang masih dapat diblok John Stones.

Selanjutnya, giliran Robin Le Normand yang mencoba memberikan ancaman kepada Inggris, namun tendangan saltonya masih menyamping dari gawang yang dijaga Jordan Pickford.

Skuad asuhan Luis De La Fuente terus berupaya untuk mencuri keunggulan terlebih dahulu, tetapi usaha yang mereka lakukan belum kunjung membuahkan hasil.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Inggris mendapatkan peluang lewat tendangan Phil Foden, sayangnya bola masih mengarah kepada Unai Simon sehingga skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai. 

Memasuki babak kedua, Spanyol mampu mencuri gol cepat lewat tendangan keras Nico Williams setelah menerima umpan dari Lamine Yamal sehingga skor berubah menjadi pemain 1-0 pada menit 47.

Meski mampu unggul terlebih dahulu, Spanyol kembali menciptakan peluang lewat tendangan Dani Olmo, sayangnya tendangannga masih menyamping dari gawang Inggris.

Inggris mampu menyamakan skor pada menit 73 lewat tendangan dari luar kotak penalti Cole Palmer yang membobol gawang Spanyol sehingga skor kembali sama kuat 1-1.

Spanyol tak tinggal diam setelah Inggris menyamakan kedudukan dan berhasil unggul kembali pada menit 86 setelah umpan silang Marc Cucurella dapat dikonversikan menjadi gol oleh Miel Oyarzabal sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Pada sisa waktu pertandingan, Inggris terus berupaya untuk setidaknya memaksa laga dilanjutkan ke babak tambahan, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 untuk kemenangan Spanyol tetap bertahan.

Selain merebut gelar, gelandang Spanyol Rodrigo Hernandez dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Euro 2024. Rodri harus diganti pada babak kedua final setelah mengalami cedera lutut, namun ia mendapat ganjaran atas penampilannya yang luar biasa bagus yang membuat Spanyol mengalahkan tuan rumah Jerman dan Prancis untuk mencapai final.

Sumber: