Hankook Tire Dinobatkan sebagai Perusahaan dengan Manajemen Bisnis Berkelanjutan

Hankook Tire Dinobatkan sebagai Perusahaan dengan Manajemen Bisnis Berkelanjutan

Kantor pusat Hankook Tire & Technology di Seoul.-DOK.HANKOOK-

JurnalisID — Perusahaan ban global terkemuka Hankook Tire & Technology (Hankook Tire) telah diakui atas upaya inovatifnya dalam manajemen berkelanjutan. 

Perusahaan ini dinobatkan sebagai salah satu 'World's Most Sustainable Companies of 2024' oleh majalah TIME, serta sebuah platform data dan business intelligence global Statista. Selain itu, Hankook Tire juga dinobatkan sebagai salah satu 'Asia-Pacific Climate Leaders 2024' oleh Statista dan surat kabar harian internasional berbasis di London, The Financial Times.

Tahun ini, TIME dan Statista mengumumkan daftar 'World’s Most Sustainable Companies of 2024' untuk pertama kalinya. Kedua lembaga itu mengevaluasi 5.000 perusahaan global terkemuka dan memilih 500 perusahaan terbaik dunia, termasuk 15 perusahaan di Korea. 

Kriteria evaluasi mencakup lebih dari 20 indikator kinerja terkait keberlanjutan dan data yang diungkapkan oleh setiap perusahaan. Hankook Tire menerima penilaian positif dalam kriteria utama yang membuktikan daya saing ESG globalnya yang tinggi.

Daftar Asia-Pacific Climate Leaders 2024 oleh Financial Times dan Statista mengevaluasi perubahan emisi gas rumah kaca dan pengurangannya dibandingkan dengan penjualan dari 2018 hingga 2023. Mereka juga mempertimbangkan pencapaian dari Proyek Pengungkapan Karbon (Carbon Disclosure Project/ CDP), serta Inisiatif Target Berbasis Ilmu Pengetahuan (Science Based Targets Initiative/ SBTi), sebuah inisiatif global yang membantu perusahaan menetapkan target sesuai dengan ilmu iklim terbaru. Dari berbagai perusahaan Korea, Hankook Tire berhasil meraih peringkat kedua.

Hankook Tire menekankan pentingnya manajemen berkelanjutan di seluruh organisasi. Dengan sistem manajemen bisnis berkelanjutan dan ESG yang kuat, perusahaan ini aktif mengurangi emisi gas rumah kaca sepanjang siklus hidup produk, mulai dari perolehan bahan baku, manufaktur, penjualan, penggunaan, daur ulang, hingga pembuangan. 

Selain itu, Hankook Tire terus berupaya menggunakan energi terbarukan, mengoptimalkan efisiensi energi, meningkatkan metode operasi fasilitas, dan memperkenalkan teknologi energi baru. Perusahaan juga fokus pada pengembangan produk berkelanjutan melalui penelitian teknologi inovatif. Penilaian Siklus Hidup (Life Cycle Assessment/LCA) dilakukan dengan cermat sepanjang proses manufaktur, termasuk teknik optimasi berat ban, teknologi pencetakan 3D, dan lainnya.

Sebagai hasil dari pencapaian ramah lingkungan yang berkelanjutan, pada Agustus 2023, Hankook Tire menjadi perusahaan pertama di industri ban Korea yang menerima persetujuan untuk target pengurangan karbon dari SBTi. 

Prestasi Hankook Tire dalam manajemen berkelanjutan tidak berhenti di situ. Setelah pabrik Geumsan di Korea menjadi yang pertama di industri yang meraih Sertifikasi Keberlanjutan dan Karbon Internasional (ISCC) Plus pada 2021, pabrik Hankook Tire di Rácalmás, Hongaria, juga meraih sertifikasi ini pada September tahun lalu. Pencapaian ini memimpin industri ban global menuju manajemen berkelanjutan dengan memperluas penerapan bahan baku berkelanjutan.

Hankook Tire akan terus memperkuat tanggung jawab dan perannya sebagai pemimpin global dalam manajemen berkelanjutan dan melanjutkan pencapaian inovasi ESG di berbagai bidang. (Atn)

Sumber: