Belanda Versus Inggris, Spanyol Kontra Prancis di Semifinal Euro 2024

Belanda Versus Inggris, Spanyol Kontra Prancis di Semifinal Euro 2024

--

JurnalisID - Belanda menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal Euro 2024. Tim Oranye bangkit dari ketertinggalan pada babak pertama perempat final untuk mengalahkan Turki 2-1 di Olympiastadion Berlin, Jerman, Minggu (7/7) dini hari WIB.

Turki mengejutkan Belanda ketika Samet Akaydin membawa negaranya unggul pada menit ke-35. Belanda mengubah gaya permainan pada babak kedua. Tim asuhan Ronald Koeman berhasil membalas dan kemudian berbalik unggul untuk keluar sebagai pemenang melalui gol Stefan de Vrij pada menit ke-70 dan gol bunuh diri Mert Muldur menit ke-76.

Mereka pun melaju ke semifinal Euro 2024 untuk menghadapi Inggris di Signal Iduna Park, Dortmund, pekan depan. Sebelumnya, tim Tiga Singa melaju ke babak empat besar setelah menyingkirkan Swiss lewat drama adu penalti dengan skor 5-3 (1-1) pada babak perempat final di Stadion Dusseldorf Arena, Dusseldorf.

Swiss unggul terlebih dahulu melalui Breel Embolo tapi tak lama kemudian disamakan Inggris lewat tendangan Bukayo Saka. Skor 1-1 bertahan selama 120 menit sehingga pemenang harus ditentukan melalui adu penalti.

Pada duel tos-tosan, tim besutan Gareth Southgate tampil sebagai pemenang dengan skor 5-3 setelah tendangan penendang pertama Swiss Manuel Akanji dihalau kipper Jordan Pickford.

Partai semifinal lainnya akan mempertemukan Spanyol dengan Prancis. Tim Matador secara dramatis melangkah ke semifinal setelah menyingkirkan tuan rumah Jerman 2-1 dalam laga di Mercedes-Benz Arena Sabtu (6/7) dini hari WIB.

Spanyol unggul lebih dulu berkat gol Dani Olmo di babak pertama sebelum Florian Wirtz menyamakan kedudukan jelang akhir babak kedua. Gol kemenangan Spanyol ditentukan Mikel Merino di babak kedua perpanjangan waktu.

Sementara itu, Prancis menang adu penalti 5-3 atas Portugal pada pertandingan perempat final di Stadion Volkspark, Hamburg.

Pertandingan selama waktu normal 90 menit plus waktu tambahan 2 x 15 menit berlangsung cukup membosankan karena kedua tim kesulitan menciptakan peluang bersih. Theo Hernandez kemudian mencetak gol penentu kemenangan ketika Prancis sukses mengeksekusi semua kesempatan penalti mereka, dan Joao Felix menjadi satu-satunya pemain Portugal yang gagal menunaikan tugas sebagai algojo penalti. (Ant)


Tim nasional Belanda di Euro 2024.-DOK.UEFA-

Berikut jadwal semifinal Euro 2024:

- Rabu (10/7) 02.00 WIB di Stadion Allianz Arena, Munich - Spanyol vs Prancis 

- Kamis (11/7) 02.00 WIB di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund - Belanda vs Inggris 

 

Sumber: