Da Costa Raih Kemenangan di Hankook Portland E-Prix Amerika Serikat

Da Costa Raih Kemenangan di Hankook Portland E-Prix Amerika Serikat

Lomba balap Formula E di Portland, AS.-Istimewa-

JurnalisID - Ribuan penonton menyaksikan perebutan gelar juara seri kedua terakhir Formula E 2024 di Portland International Raceway, Oregon, Amerika Serikat. 

Balapan double header ini berlangsung dramatis dengan perubahan posisi puncak klasemen yang ketat dan menampilkan banyak strategi balap. Dengan suhu sekitar 25 derajat Celcius, Hankook iON Race tampil optimal, memungkinkan para pebalap memaksimalkan cengkeraman tinggi. 

Mulanya, Mitch Evans dari tim Jaguar TCS Racing menyelesaikan balapan Sabtu (29/6) di posisi terdepan. Namun, Evan menerima penalti karena terlibat tabrakan di awal balapan sehingga membuatnya turun ke posisi kedelapan. 

Hal ini menjadikan Antonio Felix da Costa dari TAG Heuer Porsche Formula E Team keluar sebagai pemenang, serta diikuti Robin Frijns dari tim Envision Racing dan Jean-Eric Vergne dari tim DS Penske di posisi kedua dan ketiga.

"Ban Hankook iON Race sangat cocok untuk trek ini. Kami mampu memacu mobil secara ideal pada beberapa putaran berturut-turut. Kami juga tidak mengalami keausan berarti dalam balapan, jadi saya sangat puas dengan performa ban Hankook," kata Antonio Felix da Costa, pebalap asal Portugal.

Pada Minggu(30/6), Da Costa kembali meraih kemenangan dan mencatatkan kemenangan ke-12 di Kejuaraan Dunia Formula E setelah menyelesaikan 27 lap di sirkuit sepanjang 3,190 kilometer. Pebalap dari Tim TAG Heuer Porsche Formula E ini kembali diuntungkan dengan manajemen energi dan ban yang baik. 

Kemudian posisi kedua diraih oleh Robin Frijns dari tim Envision Racing dan posisi ketiga oleh Mitch Evans dari tim Jaguar TCS Racing. 

"Hankook iON Race memberikan daya cengkeram yang mumpuni, bahkan hingga akhir balapan sehingga membantu para pebalap dalam bekerja di lintasan," ujar teknisi balap Hankook Tire, Ji Woong Choi. 

Sebagai sponsor utama balapan akhir pekan di Portland, dua petinggi manajemen Hankook turut serta untuk naik ke podium memberikan trofi kejuaraan kepada pemenang. 

Pada Sabtu, Sooil Lee, Vice Chairman sekaligus CEO Hankook Tire and Technology memberikan trofi kepada first runner up dan keesokan harinya Rob Williams, Presiden Hankook Tire Amerika, menyerahkan trofi kepada pemenang balap, Da Costa.

Setelah empat belas seri balapan musim ini, Nick Cassidy dari Jaguar TCS Racing berhasil memuncaki klasemen dengan 167 poin, diikuti Evans dan Pascal Wehrlein dari tim TAG Heuer Porsche Formula E, yang sama-sama mengoleksi 155 poin. 

Ajang terakhir dari Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E 2024 akan berlangsung pada Hankook London E-Prix di Inggris pada 20 dan 21 Juli mendatang.

Portland E-Prix merupakan seri balapan Formula E tercepat sepanjang sejarah. Pada balapan pembuka Sabtu, sebanyak 22 pebalap mencetak rekor baru dengan menghasilkan kecepatan rata-rata tercepat sepanjang perhelatan Formula E. Para pebalap mencapai kecepatan rata-rata 244,68 kilometer per jam di lintasan Portland International Raceway, sepanjang 3,190 km. (Atn)

 

Sumber: