Bukan Hyundai Santa Fe, tapi Kia Sorento Mobil Terlaris di Negara Asalnya

Bukan Hyundai Santa Fe, tapi Kia Sorento Mobil Terlaris di Negara Asalnya

Kia Sorento menjadi mobil terlaris di Korsel pada paruh pertama 2024.-DOK.KIA-

JurnalisID - Korea Selatan dikenal sebagai salah satu produsen mobil untuk pasar dunia. Ada dua pemain besar yang sukses menembus pasar global, Kia dan Hyundai. Lantas, mobil apa yang terlaris di negara asalnya?

Berdasarkan data industri negeri ginseng itu, mobil yang paling laku di pasar domestik pada paruh pertama tahun ini ternyata SUV Kia Sorento.

Dikutip Yonhap, Kia Sorento terjual sebanyak 49.588 unit selama periode Januari-Juni 2024. Sementara itu, minivan Kia Carnival dan SUV Hyundai Santa Fe mengikuti, dengan penjualan masing-masing sebanyak 44.868 unit dan 39.765 unit.

SUV Kia Sportage dan truk pikap Hyundai Porter berada di posisi keempat dan kelima, dengan penjualan masing-masing sebanyak 39.299 unit dan 38.561 unit.

Lima model terlaris selama periode tersebut tidak termasuk sedan, yang menandai pertama kalinya sejak 2000.

Sedan Hyundai Grandeur dan Avante berada di posisi keenam dan kedelapan, dengan penjualan masing-masing sebanyak 33.370 unit dan 27.323 unit. sementara dua model lainnya dalam daftar 10 besar yaitu Kia Seltos dan Hyundai Tucson juga merupakan SUV.

Pengamat industri memperkirakan tren preferensi terhadap SUV akan berlanjut pada paruh kedua tahun ini, menjadikan Sorento kemungkinan besar menjadi kendaraan terlaris untuk pertama kalinya tahun ini. (Ant)

 

Sumber: