Baparekraf Scale-Up Champions Genjot Startup Indonesia ke Kancah Global

Baparekraf Scale-Up Champions Genjot Startup Indonesia ke Kancah Global

Muhammad Azhar Iskandar Zainal (Ketua Tim Pokja Baparekraf Scale-Up Champions), Muhammad Neil El Himam (Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf), Faye Wongso (Founder & Chairperson KUMPUL.ID), Iman Santosa (Direktur Aplikasi, Permai-Febry Coki-Baparekraf

JurnalisID – Dunia startup digital dianggap masih begitu potensial akhir-akhir ini, terutama untuk menjangkau cakupan berskala global. Dalam mendukung pertumbuhan dan ekspansi global startup digital Indonesia, antara lain melalui bimbingan komprehensif, pencocokan bisnis, dan peluang jaringan, dibutuhkan sebuah langkah konkrit.

 

Oleh sebab itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf), secara resmi mengumumkan peluncuran program Baparekraf Scale-Up Champions (BSC) 2024. Berkolaborasi bersama KUMPUL.ID, sebagai salah satu penggerak ekosistem kewirausahaan di Indonesia.

 

Program Baparekraf Scale-Up Champions (BSC) 2024 secara resmi dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno. “Baparekraf Scale-Up Champions 2024 merupakan wujud komitmen kami untuk mengakselerasi pertumbuhan startup digital, mengakses sumber daya yang dibutuhkan, serta kesempatan untuk mengakses pasar global,” kata Sandiaga dalam sambutannya, Jumat (28/6/2024).

 

Baparekraf Scale-Up Champions (BSC) sendiri merupakan program akselerasi yang dirancang untuk mendorong inovasi dan kemajuan teknologi di kalangan startup digital Indonesia. Program ini berfokus pada startup dengan aplikasi, yang mendukung pengembangan 17 subsektor ekonomi kreatif. Baparekraf Scale-Up Champions (BSC) kembali digelar setelah suksesnya program sebelumnya di tahun 2023.

 

 

Menyangkut dibukanya kembali program Baparekraf Scale-Up Champions (BSC) tahun ini, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Neil El Himam, juga menegaskan pentingnya untuk startup Indonesia lebih agresif dalam melakukan ekspansi ke pasar global.

 

“Perkembangan startup sangat luar biasa, memang banyak challenge, tetapi justru menjadi tantangan buat para startup. Permasalahan jadikanlah solusi, dan jadikan solusi sebuah peluang bisnis,” tegas Neil.

 

Menurutnya, contoh peluang startup di sektor cyber security, seperti terjadi kasus penyusupan Pusat Data Nasional baru-baru ini. “Kita di Indonesia tidak kurang orang pintar, tetapi mungkin sistem di negara kita yang tidak cepat mengikuti perkembangan zaman. Sehingga melalui program Baparekraf Scale-Up Champions (BSC) 2024 diharapkan bisa memenuhi kebutuhan tersebut,” urainya.

 

Sementara Founder dan Chairperson dari KUMPUL.ID, Faye Wongso mengatakan tahun ini program Baparekraf Scale-Up Champions (BSC) tentukan untuk mulai bekerja sama dengan salah satu negara tetangga ASEAN, Australia.

 

“Mengapa tahun ini kita tentukan Australia, karena banyak sekali perusahaan di negara tersebut yang juga “going global”, dimana arahnya ke negara-negara di Benua Eropa dan Amerika, dan ini bisa menjadi batu loncatan bagi startup-startup kita,” ungkap Faye Wongso.

Sumber: badan pariwisata ekonomi kreatif republik indonesia

Berita Terkait