JURNALISID.COM --- Seiring berkembangnya zaman, banyak hal yang mengalami peralihan ke dunia digital, termasuk kebiasaan masyarakat dalam berbelanja. Berkembangnya sistem perdagangan online atau e-commerce adalah satu di antara penyebab masyarakat kini lebih sering berbelanja secara online.
Melihat hal itu Indonesia E-Commerce Hub bekerja sama dengan TikTok Indonesia menggelar seminar bertajuk 'Next Level Online Selling: Solusi Bisnis untuk Produsen dan Penjual'.
Acara ini menjadi ajang penting untuk mendongkrak kemampuan para pelaku bisnis lokal dalam menghadapi tantangan era digital, khususnya dalam memaksimalkan potensi e-commerce.
Seminar yang berlangsung meriah ini turut dihadiri Ketua Komisi V DPRD Provinsi Banten, Ananda Trianch Salichan dan Ketua Bidang V HIPMI Banten, Khaerul Fazri dan Ichsan dari J&T wilayah Tangerang. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan nyata terhadap inisiatif pemberdayaan ekonomi digital di Indonesia.
Dalam sambutannya, James Tulus Haider, CEO Indonesia E-Commerce Hub, menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi terbaru dalam strategi penjualan.
"Saat ini penjualan secara online yang paling efektif adalah dengan live streaming. Di sini penjual maupun pembeli bisa berinteraksi secara langsung, hingga terjadi kesepakatan jual-beli," papar James, Selasa (29/4/2025).
Menurutnya perusahaan saat ini tengah menjalankan program unggulan bernama E-Commerce Practice Center, yang memberikan pelatihan dan modul khusus untuk meningkatkan pemahaman produsen dan penjual terkait strategi digital. Program ini dirancang untuk mengasah kemampuan bisnis dalam menghadapi persaingan pasar online yang semakin ketat.
Acara juga mengulas berbagai transformasi dalam dunia e-commerce Indonesia yang terus berkembang pesat. Digitalisasi pasar tidak hanya memberikan kemudahan akses, tetapi juga membuka jalan bagi metode pemasaran baru seperti short video dan live streaming, yang semakin digemari oleh konsumen milenial dan Gen Z.
Menarik, menjawab tantangan itu, Indonesia E-Commerce Hub memperkenalkan solusi lengkap untuk penjualan berbasis live stream. Layanan ini meliputi jaringan multi saluran, penyewaan studio live streaming, pembuatan konten kreatif, hingga optimasi kanal e-commerce yang bertujuan menjangkau pasar secara interaktif.
Dengan kolaborasi strategis bersama TikTok Indonesia, inisiatif ini diharapkan mampu menjadi titik balik bagi para pelaku usaha di Indonesia untuk naik kelas melalui digitalisasi. Indonesia E-Commerce Hub tidak hanya menjadi wadah edukasi, tetapi juga katalis perubahan dalam ekosistem perdagangan digital tanah air.
"Event Puning akan diselenggarakan lagi oleh Bencuan/IEH pada 22 Mei mendatang," pungkas James di sela-sela seminar.